Hai Para Istri Muslimah, Lakukanlah 5 Hal Ini Agar Pendapatan Suami Bertambah Berkah Insya Allah!

Muslimah, tugas istri salah satunya adalah mengatur keuangan keluarga. Berapapun yang suami berikan dicukup-cukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lalu adakah amalan yang bisa dilakukan istri untuk menambah berkah rezeki keluarga yang sebagian besar diperoleh dari penghasilan suami tersebut?

Hai Para Istri Muslimah, Lakukanlah 5 Hal Ini Agar Pendapatan Suami Bertambah Berkah Insya Allah!


5 hal berikut ini in syaa Allah bisa istri lakukan agar rezeki keluarga berlimpah:

1. Memberi bagian orangtua dan mertua, sesedikit apapun uang yang diperoleh dari suami

Dahulukan orangtua dan mertua, meskipun hanya dengan membelikan beras atau kebutuhan pokok lainnya, sadari bahwa hal ini bisa menambah keberkahan rezeki yang diperoleh.

Tutup telinga rapat-rapat jika menerima cibiran atau dibanding-bandingkan dengan jumlah yang didapat dari menantu lain yang lebih besar, jangan jadikan hal tersebut merusak niat baik yang kita miliki.

"Jangankan untuk orangtua, untuk keluarga sendiri saja masih kurang!" atau

"Orangtua dan mertua saya sudah mapan!"

Mungkin ada yang berpikir demikian, namun percayalah jika menafkahkan sebagian rezeki untuk keluarga dekat, tidak hanya menambah berkah bagi kita tapi juga in syaa Allah bisa menyambung silaturahim.

2. Selalu mengingatkan suami untuk memberi nafkah keluarga dengan rezeki halal

Setiap harinya, doakan suami dan ingatkan ia bahwa istri dan anak-anak hanya mau dinafkahi rezeki dari uang yang halal! Hal ini begitu penting mengingat banyaknya istri yang merongrong suami dengan banyak tuntutan sehingga membuat suami menempuh jalan bathil dalam mencari nafkah.

3. Mengubah beberapa gaya hidup boros

Makan di luar rumah jika lebih boros daripada masak sendiri di rumah, maka mulailah ubah gaya hidup dan belajar masak.

Pijat dan salon di luar rumah jika ternyata bisa saling dilakukan bergantian oleh
pasutri, maka dicoret saja keperluan tersebut agar lebih menghemat.

Bawakan bekal untuk suami agar tak memerlukan makan siang di luar kantor, juga bekal makan anak agar tak jajan sembarangan, bisa juga dilakukan buat yang belum melakukannya.

Jalan-jalan ke mall tiap pekan bisa diganti dengan jalan ke tempat lain yang lebih hemat dan tak mengeluarkan banya biaya, misalnya berenang sekeluarga atau berjalan piknik ke tepi danau perumahan.

Semoga ikhtiar berhemat dan mengubah gaya hidup ini bisa menambah keberkahan rezeki keluarga.

4. Lakukan ibadah bersama

Ibadah dan ketaqwaan yang kita lakukan sangat erat hubungannya dengan keberkahan rezeki keluarga. Cobalah rencanakan beberapa ibadah yang bisa dilakukan bersama keluarga, mulai dari puasa sunah tiap pekannya, shalat malam, baca quran bersama, dan lainnya.

5. Hindari pertengkaran dalam rumah tangga

Pertengkaran hanya menyulut kebencian dan menghilangkan keberkahan rumah tangga. Sebagai istri perlu menjadi air pendingin jika suami stres bukan malah menyulut pertengkaran yang lebih besar.