Berguna Banget! Letakkan “Semangkuk Ini” Dalam Kulkas, Kamu Tidak Perlu Bersihkan Kulkas Lagi Selama 1 Tahun!

Setiap rumah pasti harus punya kulkas, terutama bila tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Berguna Banget! Letakkan “Semangkuk Ini” Dalam Kulkas, Kamu Tidak Perlu Bersihkan Kulkas Lagi Selama 1 Tahun!


Kulkas yang diisi dengan berbagai macam makanan tentunya bisa saja mengeluarkan aroma yang kurang sedap, apalagi bila tidak dibersihkan dengan rutin.

Mungkin kamu menganggap membersihkan kulkas itu sangat merepotkan, padahal ada cara- cara simpel yang bisa kamu lakukan untuk hasil yang lebih maksimal,lho!

1.Cara membersihkan kulkas

Papan rak pada kulkas adalah bagian yang paling mudah kotor, untuk membersihkannya, keluarkan dulu semua makanan dan tuangkanlah sedikit cuka putih di atasnya. Ambil kain lap dan usaplah seluruh permukaan papan tersebut dengan cuka untuk mensterilkannya dari segala kuman bakteri.

Bila sudah bersih, lapisi papan rak kulkas dengan plastic wrap. Tujuannya, bila nanti sudah kotor lagi, kamu hanya perlu mengganti plastic wrapnya saja, tidak perlu mengusap ulang papan raknya lagi. Simpel kan?

2.Cara mengusir bau tidak sedap

Masukkan segulung tisu ke dalam kulkas, ganti setiap 1 bulan sekali.
Meskipun tisu yang sudah berada di dalam kulkas dalam waktu lama akan sedikit basah, namun tetap bisa digunakan,lho! Bisa digunakan untuk mengelap meja, kursi dan sebagainya.

Kulit jeruk pun bisa menyerap bau.

Sehabis makan jeruk, kulitnya jangan buru- buru dibuang, masukkan saja ke kulkas dan katakan selamat tinggal pada bau tidak sedap!
Apa kamu tahu kalau gula pasir mampu mengusir bau tidak sedap juga?
Letakkan satu mangkuk gula pasir di dalam kulkas, dijamin deh kamu bakal takjub sama efeknya!

3.Cara menghemat listrik kulkas

Pintu kulkas pasti dibuka tutup setiap hari, hal ini mampu membuat karet pada pintu kulkas semakin lama semakin longgar. Nah, bila karet tersebut sudah longgar, otomatis udara dingin dalam kulkas akan bocor keluar dan hal ini akan membuat kulkas bekerja lebih keras dan memakan listrik.

Untuk memastikan apakah kulkasmu sudah bocor atau tidak, selipkanlah selembar kertas A4 pada pintu kulkas seperti gambar di bawah ini.

Pastikan pintu kulkas sudah tertutup dengan baik dan tariklah kertas A4 tersebut. Bila kertas tersebut bisa ditarik dengan mudah, artinya karet pintu kulkasmu sudah longgar dan sudah saatnya mengganti kulkasmu.

Beberapa hal untuk menjaga kehigienisan kulkas:

-Pisahkan makanan yang mentah dan matang dengan menaruhnya di rak yang berbeda.
-Bungkus semua makanan dengan plastik wrap atau simpan ke dalam plastik agar rasa dan aroma makanan tidak tercampur dengan makanan lainnya.
Kamu juga bisa menggunakan kotak makan untuk menyimpan makanan.
-Rutin bersihkan kulkas yah!

Yuk, segera bagikan informasi tentang kulkas ini kepada teman- teman dan kerabatmu!

Sumber: Healthdaily/ Cerpen.co.id