Inilah Cara Alami Untuk Menangani Serangan Vertigo Mendadak!! Bantu Bagikan!!

Vertigo adalah gangguan saraf yang ditandai dengan rasa nyeri yang hebat ataupun perasaan berat serupa sakit kepala atau migrain yang muncul secara tiba-tiba pada beberapa titik tertentu di kepala serta berpotensi menghilangkan kesadaran pada penderitanya saat penyakit ini kambuh.

Inilah Cara Alami Untuk Menangani Serangan Vertigo Mendadak!! Bantu Bagikan!!


Penyebab kambuhnya vertigo sendiri sangat bermacam, bisa karena stres, kaget, dan berbagai faktor lainnya dan bahkan dapat menyerang sewaktu-waktu tanpa sebab yang pasti. Oleh karena itulah, vertigo dapat dikategorikan penyakit yang berbahaya terutama jika penyakit ini kambuh pada saat yang tidak tepat seperti saat mengemudi, menyeberang, menuruni tangga dan lain sebagainya. usaha untuk melakukan pertolongan pertama cara mengatasi vertigo ketika kambuh harus segera dilakukan untuk mencegah hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

Beberapa cara mengatasi penyakit ini juga bisa dilakukan secara mandiri sebagai penjagaan jikalau penderita sedang beraktifitas individual di lingkungan luar.

Cara Mengobati Vertigo Saat Kambuh Mendadak

Saat rasa pusing hebat melanda, hingga membuat tubuh terasa berputar dan melayang akibat vertigo, biasanya sebagian orang akan langsung mengambil jalan pintas, dengan meminum obat warung. Jarang, bahkan sedikit dari mereka, yang memilih untuk menempuh cara herbal.

Padahal jika menimbang ke masa depan, pemakaian obat kimia yang dilakukan secara konsisten, juga dapat menimbulkan dampak buruk. Seperti merusak beberapa organ tubuh. Lalu tanaman apa saja sih, yang bisa dijadikan obat herbal untuk penyakit vertigo? Ini dia daftarnya.

Minum air jahe

mengkonsumsi jahe (zingiber officinale). Jahe ini nantinya dapat anda ramu menjadi sebuah minuman, layaknya wedang jahe.Cara penyiapannya pun, terbilang sangat sederhana. Cukup iris beberapa jahe serta parutan gula merah, campurkan dengan air hangat, dan minum secara teratur.

Berkat kandungan diterpena dialdehida didalamnya, jahe dipercaya dapat menghambat rasa mual hebat, yang diakibatkan oleh vertigo. Tak hanya itu, jahe pun mampu mengontrol aliran darah ke otak, sehingga membantu memerangi gangguan keseimbangan saat vertigo.

Rebusan kayu manis

Bila tak terlalu menyukai aroma jahe, mungkin kayu manis bisa menjadi pilihan lain. Cara meramunya juga begitu mudah. 1 jari kayu manis, 10 gram asam trengguli, 60 gram rambut jagung, dan 30 gram daun seledri, direbus bersamaan dengan 600 cc air, hingga tersisa 200 cc. Setelah itu, saring air rebusannya terlebih dahulu, dan segera dinimum selagi hangat.

Rasa kayu manis yang pedas, wangi dan hangat, memiliki banyak sekali kandungan. Seperti tanin, damar, minyak atsiri, kalsium oksanat, safrole, zat penyamak dan sinamadehide. Sama seperti khasiat jahe, ramuan kayu manis juga berfungsi untuk memberikan rasa hangat dan mengurangi rasa mual akibat vertigo.

Campuran kulit manggis dan daun sirsak

Tanaman herbal terakhir yang dapat menyembuhkan penyakit vertigo, adalah kulit manggis dan daun sirsak. Seperti diketahui, kulit manggis mengandung antioksidan tinggi (xanthone), vitamin B1, B2 dan C, serta kaya akan kalsium, sodium, potassium dan zat besi. Xanthone pada kulit manggis juga mempunyai sifat anti-depresi, anti kanker, membantu menurunkan tekanan darah, menjaga stamina tetap prima, dan masih banyak lagi.
Sedangkan daun sirsak memiliki kandungan seperti acetogenins, lemak, fosfor, fruktosa, besi, vitamin A, kalsium dan vitamin B. Senyawa acetogenins dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, stress, serta depresi. Kandungan ini juga dapat menyeimbangkan system syaraf yang kurang baik, dan berguna untuk mengobati penyakit vertigo.

Cara mengolahnya? Ikuti tahap demi tahapnya berikut ini:

Siapkan daun sirsak yang sudah tua (berwarna hijau kehitaman dan kaku) 10 lembar, lalu rebus dengan 1 liter air
Rebus dengan jangka waktu yang lama (± 1 jam) hingga menyisakan 1 gelas air saja
Kemudian saring air rebusan dan dinginkan

Siapkan 2 buah manggis segar, pilih yang paling bagus kualitasnya dan sudah matang
Cuci bersih buah manggis, buang gagang dan mahkota berwarna hijau nya, sehingga didapatkan buah manggis yang bulat utuh

Lalu potong buah manggis menjadi 4 bagian (beserta daging dan bijinya), campur dengan rebusan daun sirsak, blender hingga halus dan tak perlu disaring
Minum secara rutin 3x sehari, dan satu kali minum 30ml atau sekitar 3 sendok makan

Selain itu bila terserang vertigo janganlah sekali-sekali menutup mata ataupun berbaring dikaranak tindakan tersebut malah akan memperparah efek vertigo yang penderita alami. Yang sebaiknya penderita lakukan adalah cobalah untuk memandang objek yang jauh.

Bila vertigo diakibatkan oleh adanya deposit kalsium yang berlebihan pada kepala yang dikenal sebagai Benign Parpxysmal Positional Vertigo atau BPPV maka yang harus penderita lakukan hanyalah menggerakan kepala untuk menyeimbankan deposit kalsium tersebut.

Vertigo ini juga dapat di cegah dengan melakukan pola hidup sehat, posisikan kepala lebih tinggi dari posisi badan saat tidur, jaga kesehatan telinga, dan jangan terlalu sering menunduk bila membawa barang berat.

semoga artikel ini bermanfaat untuk anda..
sumber : harus-sehaat.blogspot.com