Huuh !! Alat Dapur Karatan, Mana Mau di Pakai Lagi !! Kayanya Harus Coba Tips Jitu Berikut Ini Deh Biar Kinclong Lagi !!

Semua orang tentunya menginginkan semua peralatan dapurnya selalu dalam keadaan bersih dan terlihat baru. Namun sayangnya, proses memasak, perawatan dan penyimpanan yang tidak tepat kerap kali membuat alat-alat di dapur menjadi tidak seperti yang kita inginkan. Dimana biasanya masalah yang akan muncul yaitu karat.

Huuh !! Alat Dapur Karatan, Mana Mau di Pakai Lagi !! Kayanya Harus Coba Tips Jitu Berikut Ini Deh Biar Kinclong Lagi !!


Alat dapur yang berkarat biasanya akan langsung dibuang oleh sang pemilik karena dianggap membahayakan. Lantas apakah anda harus membeli alat dapur setiap saat? Tentunya tidak, karena alat dapur atau alat memasak yang berkarat masih bisa dibersihkan dengan tips atau cara yang kami jelaskan di bawah ini.

Tips Atau Cara Jitu Mencegah dan Mengatasi Karat yang Menempel Pada Alat Dapur

Cara mencegah karat pada alat dapur

Karat yang kemungkinan besar akan timbul pada peralatan memasak anda sebenarnya bisa dicegah, dimana cara mencegahnya cukup mudah dan sederhana seperti berikut:
Setelah memasak anda harus langsung membersihkan alat tersebut. Hilangkan atau bebaskan alat memasak dari sisa kotoran yang lengket atau menempel, karena kotoran tersebut dapat memicu karat.
Setelah mencucinya, maka sebelum disimpan anda harus memastikan bahwa alat tersebut dalam keadaan kering. Jika alat masak yang anda simpan belum kering, maka dapat memicu timbulnya karat.
Apabila alat masak terbuat dari besi, maka ketika mencucinya usahakan jangan digosok terlalu keras karena menggosok terlalu keras akan merusak lapisan luarnya. Jika itu terjadi, alat masak tersebut akan mudah berkarat.
Cara membersihkan karat pada alat memasak

Jika alat memasak yang anda miliki terlanjur berkarat, maka anda bisa membersihkannya dengan cara di bawah ini.

1. Manfaatkan lemon

Selain bermanfaat untuk kecantikan, lemon juga ternyata ampuh dalam membersihkan karat pada peralatan masak. Dimana pada lemon terdapat kandungan asam yang terbukti sangat ampuh dalam meluruhkan karat. Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan atau membersihkan karat sangat mudah, dimana anda hanya tinggal menyiapkan buah lemon secukupnya. Lalu belah buah lemon tersebut menjadi dua bagian, kemudian gosokan pada alat masak yang berkarat. Setelah itu, taburi garam. Kemudian, gosok kembali sampai benar-benar bersih. Diamkan beberapa saat, baru setelah itu anda bisa langsung mencucinya atau membilasnya dengan menggunakan sabun.

2. Manfaatkan cuka

Selain lemon, cuka juga ternyata ampuh menghilangkan karat pada alat masak. Caranya yaitu, anda cukup mencampurkan cuka dengan air secukupnya saja, lalu rendam alat masak yang berkarat di dalm air tersebut selama kurang lebih satu malam. Untuk keesokan harinya, anda bisa menggosok alat masak tersebut dengan lembut dan perlahan sampai karatnya menghilang.

3. Manfaatkan kentang

Bahan makanan ini mengandung asam oksalat yang dipercaya ampuh dalam membasmi atau mengatasi karat. Cara menggunakan kentang untuk membersihkan karat yaitu, belah kentang yang sudah anda siapkan menjadi dua bagian, lalu taburkan soda kue. Setelah itu, gosokan kentang pada alat dapur  atau alat masak yang berkarat. Gosok sampai bersih dan karat menghilang. Baru setelah itu, anda bisa langsung mencucinya sampai bersih dengan menggunakan sabun atau cairan pencuci piring.

4. Minyak tanah

Selain ketiga bahan tersebut, minyak tanah pun ternyata efektif membasmi karat. Caranya sangat mudah dan sederhana sekali, oleskan minyak tanah pada alat dapur yang berkarat. Jika sudah, anda bisa langsung mendiamkannya beberapa saat. Setelah itu, gosok dengan menggunakan pasir sampai karatnya hilang. Kemudian, cuci alat dapur tersebut sampai benar-benar bersih.

Itulah tips atau cara membersihkan karat pada alat memasak. Sederhana bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.