loading...

6 Menu Sahur Praktis disaat kamu Telat Bangun untuk Memasak!

Supaya badan tidak lemas saat berpuasa, makanan yang kita makan saat sahur harus benar-benar diperhatikan. Namun terkadang, waktu sahur yang terlalu dini membuat kita sering kali terlambat bangun.

6 Menu Sahur Praktis disaat kamu Telat Bangun untuk Memasak!


Kali ini, team Boombastis punya beberapa menu sahur yang dapat dimasak dengan waktu cepat. Jadi kita tidak perlu khawatir lagi jika terbangun sedikit terlambat. Selain cepat, menu ini juga menyehatkan loh. Apa saja yaa itu? Mari kita simak di bawah ini.

1. Telur Ayam
Telur merupakan salah satu bahan makanan yang dapat dimasak dalam waktu cepat. Rasanya sangat gurih dan banyak mengandung gizi, seperti karbohidrat, protein dan omega 3. Dijamin, saat berpuasa disiang harinya tubuh kamu tidak akan lemas.

Biasanya yang paling mudah, telur ayam akan digoreng menjadi telur mata sapi. Kalau mau sedikit bervariasi, kamu juga bisa membuat omelet. Tambahkan daging, sosis atau sayur-sayuran kedalam campuran omeletmu sebelum digoreng nantinya.

2. Masakan yang Ditumis
Menumis juga menu yang tak kalah praktis untuk dimasak dikala sahur. Dalam menumis, kita hanya membutuhkan sedikit minyak untuk memasak bumbu. Kemudian diberi air dan dimasak dengan api yang besar. Barulah setelah mendidih bahan bisa kita masukkan kedalam air tadi.

Bahan-bahan yang bisa dipakaipun beraneka ragam. Mulai dari sayur-sayuran, ayam, udang, ataupun tempe. Akan tetapi, masakan ini akan lebih terasa nikmat jika ada masakan pendamping seperti goreng-gorengan. Praktis namun tetap nikmat bukan.

3. Gorengan
Gorengan memang dapat dimakan kapan saja. Entah sebagai pendamping saat minum kopi, untuk dijadikan camilan bahkan dijadikan sebagai lauk. Rasanya yang gurih dan garing itu memang sangat memanjakan lidah kita dengan kelezatannya.

Macam-macam gorengan yang praktis itu seperti bakwan, tempe tepung, tahu isi, dapat kamu masak pada malam hari. Kalau kamu tidak suka gorengan yang sudah tidak garing, kamu bisa menggorengnya hanya setengah matang. Baru pada saat akan makan sahur, kamu matangkan gorengan tadi supaya lebih garing dan lebih nikmat tentunya.

4. Ayam Goreng Atau Ikan Goreng
Bosan dengan telur, kamu bisa beralih ke bahan makanan lain seperti ayam ataupun ikan. Ya, memang terdengar sedikit repot. Tapi jangan khawatir, karena kini sudah ada solusinya. Bumbuilah ayam dan ikan tersebut pada malam hari kemudian simpan di dalam lemari es.

Saat waktu sahur akan tiba, barulah kamu menggoreng ayam dan ikan tadi. Tapi sebaiknya, ada jeda saat makanan tadi baru dikeluarkan dari lemari es dan siap untuk di goreng. Jika masih ada waktu, kamu bisa membuat sambal agar ayam dan ikan goreng mu semakin nikmat dan lezat.

5. Rendang
Rendang tidak hanya populer dikala Hari Raya, tetapi saat kapanpun sajian ini banyak dicari oleh masyarakat termasuk saat bulan puasa. Rasanya sangat gurih dan juga pedas, dijamin akan membuat mata melek dan kamu semakin semangat makan sahurnya.

Rendang yang kering bisa tahan dalam waktu yang sangat lama, bahkan sampai tahunan.Memang sedikit mahal biayanya, tapi akan terbayar dengan kelezatan rasanya itu.

6. Makanan Instan
Makanan instan seperti mie instan, nugget, sarden juga bisa menjadi solusi yang pas untuk kamu yang telat bangun sahur. Hanya dengan membutuhkan waktu sekitar 3-4 menit, kamu sudah bisa menikmati makan sahur dan berpuasa dengan kuat pada siang harinya.

Makanan instan seperti ini sebaiknya kamu siapkan sebelum masuknya bulan puasa. Kamu bisa menyimpannya dilemari penyimpan atau di lemari es. Tidak perlu menyetok terlalu banyak, karna tidak mungkin juga kamu akan makan makanan tadi dalam waktu sebulan kan. Karena kamu nantinya akan bosan.

Itulah tadi beberapa makanan yang dapat dimasak dalam waktu cepat. Selain praktis, menu-menu tadi juga menyehatkan bukan. Kamu termasuk orang yang suka bangun telat saat sahur? Masih belum terlambat kok untuk mencoba beberapa menu tadi. Semangat puasa!

sumber : boombastis.com

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x