Taukah Anda cara mencuci wajah dengan benar? sebagian besar wanita tidak melakukannya, Bagaimana dengan Kamu??

Studi menunjukkan 50% wanita tidak mencuci wajah dengan benar dan tidak menggunakan produk yang tepat. Sekalipun sudah secara teratur membersihkan wajah.

Taukah Anda cara mencuci wajah dengan benar? sebagian besar wanita tidak melakukannya Bagaimana dengan Kamu??


Pekerjaan yang menumpuk serta perjalanan pulang yang melelahkan, terkadang membuat kasur terlihat lebih menarik dibandingkan harus membersihkan wajah dengan benar. Padahal mengabaikan membersihkan wajah sehari saja bisa membuat pori tersumbat, memicu jerawat, dan bahkan bisa menyebabkan penuaan dini.

Tidak hanya itu, menyepelekan cara membersihkan wajah yang benar juga bisa memengaruhi kondisi kulit wajah lho. Oleh karena itu, penting bagi wanita untuk lebih memahami cara membersihkan wajah dengan benar. Agar misi memiliki wajah yang cerah dan cantik bisa tercapai.

Tidak Yakin dengan Jenis Kulit Wajah Anda? Cek Di Sini!

Sebelum lanjut kepada bagaimana cara membersihkan wajah dengan benar. Mari kenali lebih dekat bagaimana jenis kulit wajah Anda. Hal ini penting agar jenis pembersih wajah yang Anda gunakan lebih tepat sasaran dan sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.

Seseorang dengan kulit wajah berminyak akan memiliki pori-pori yang besar, berminyak, dan terlihat mengkilap. Kulit wajah jenis ini dianjurkan memakai sabun pembersih wajah bebas minyak atau oil-free dan toner untuk menghilangkan minyak berlebih. Anda juga bisa menggunakan sabun pembersih wajah yang berbahan gel karena dapat membersihkan minyak dengan baik.

Kulit wajah kering akan cenderung kasar dan bersisik. Untuk jenis kulit wajah ini, disarankan hindari pembersih muka yang mengandung alkohol. Dan, gunakanlah pembersih wajah yang lembut agar kulit tidak semakin kering.

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, Anda akan lebih cenderung merasa gatal atau perih setelah mengenakan produk perawatan atau kosmetik tertentu. Sedangkan, jika memiliki kulit wajah normal, kulit wajah akan terlihat lebih bersih, dan tidak sensitif.

Sayangi Kulit Wajah dengan Menjaga Kebersihannya

Kini Anda sudah mengenali jenis kulit dan jenis pembersih wajah yang tepat. Langkah selanjutnya adalah menyayangi kulit wajah Anda dengan menjaga kebersihannya. Berikut ini adalah langkah-langkah membersihkan wajah yang perlu Anda ketahui untuk tercapainya misi memiliki wajah bebas kusam. Nah, tapi sebelum Anda memulainya. Ingatlah untuk membersihkan tangan Anda terlebih dahulu.

Bersihkan makeup sebelum mencuci wajah dengan air.

Berpikir bahwa mencuci wajah dengan sabun sudah cukup untuk menghilangkanmakeup? Anda keliru. Membersihkan wajah yang benar adalah dengan menghilangkan makeup terlebih dahulu dengan menggunakan cairan remover. Untuk membersihkan makeup mata yang membandel seperti maskara dan eye liner, Anda bisa memakai cairan remover khusus dengan berbahan dasar minyak.

Bersihkan dengan lembut

Barulah setelah itu cuci wajah Anda dengan sabun pencuci muka sesuai dengan kulit wajah Anda. Selain menggunakan jari, Anda juga bisa memakai sponge atau waslap khusus untuk wajah. Setelah selesai mencuci wajah dengan sabun, basuhlah sisa sabun di wajah Anda dengan air hangat. Jangan gunakan air yang terlalu dingin atau panas, karena dapat merusak pembuluh kapiler dan mengiritasi kulit.

Keringkan wajah perlahan dan gunakan handuk bersih

Wajah sudah bersih, bukan berarti bebas mengeringkan wajah dengan handuk seadanya. Jangan gunakan handuk pengering tangan yang menggantung di wastafel. Walau kelihatannya bersih, tetap saja ada banyak bakteri menempel.

Setelah selesai membersihkan wajah dan memberikan perawatan pada wajah Anda. Cobalah untuk tetap menjaga kebersihkan wajah dan sekitar tempat tidur Anda. Selalu ganti sarung bantal dengan yang bersih atau tataki dengan kain bersih.

Selain itu, ingatlah untuk tidak berlebihan dalam membersihkan wajah. Membersihkan wajah terlalu sering sama buruknya dengan tidak membersihkan wajah sama sekali. Bahkan jika wajah Anda berjerawat, membersihkan wajah terlalu sering juga bisa memperburuk kondisi jerawat.

Jadi, sudah tahu kan cara membersihkan wajah yang benar?