Jantungmu Sering Berdebar Kencang? Jangan Sampai Terlambat Cari Tau Penyebabnya Sekarang Juga!!

Biasanya jantung seseorang akan berdebar ketika ada sesuatu yang terjadi diluar kontrol ataupun kita sedang gugup dan panik. Namun tak hanya itu saja, ada beberapa penyebab jantung berdebar yang berkaitan dengan kesehatan jantung itu sendiri. Orang yang biasanya mengalami jantung berdebar atau palpitasi seringkali tidak memperhatikannya dan juga sering dianggap enteng.

Penyebab Jantung Berdebar

Namun tahukah Anda jika hal ini dibiarkan terlalu lama, maka akan dapat menyebabkan masalah kesehatan jantung yang cukup serius. Dalam keadaan santai rata-rata denyut jantung adalah 60 hingga 100 kali dalam setiap menitnya. Namun yang paling umum adalah 70  kali dalam satu menit. Lalu apa saja yang menyebabkan jantung berdebar-debar? Berikut ulasannya.

Jantungmu Sering Berdebar Kencang? Jangan Sampai Terlambat Cari Tau Penyebabnya Sekarang Juga!!


Inilah penyebab jantung berdebar yang perlu diketahui

Kurang asupan kalium dan magnesium

Penyebab yang pertama adalah kurangnya asupan magnesium dan juga kalium. Hal ini dikarenakan kedua nutrisi tersebut berguna untuk membantu pembentukan sel darah merah. Sehingga tubuh akan terhindar dari anemia atau kurang darah. Beberapa makanan sehat yang mengandung kalium serta magnesium adalah alpukat, pisang, kurma, markisa, kentang, rebung, ubi jalar, sayuran hijau, biji-bijian dan juga kacang-kacangan.

Anemia

Seperti yang kita ketahui anemia disebabkan karena kurangnya asupan kalium dan juga magnesium. Gejala umum seseorang yang menderita anemia adalah jantung berdebar-debar. Hal ini dikarenakan sel darah merah yang berguna untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh salah satunya yaitu ke jantung tidak bisa terpenuhi. Sehingga hal ini menyebabkan jantung berdebar.

Sering mengonsumsi junk food

Junk food atau makanan cepat saji memang memiliki rasa yang enak. Akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan juga dapat menyebabkan jantung tidak sehat. Hal ini dikarenakan makanan cepat saji kaya akan pengawet dan bahan kimia yang dapat memberatkan fungsi jantung. Tak hanya itu saja, junk food juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Karena makanan cepat saji memiliki kandungan kolesterol tinggi yang tidak bisa dicerna dengan cepat.

Kebocoran jantung

Penyebab jantung berdebar selanjutnya adalah kebocoran pada jantung. Jika hal ini terjadi, maka jantung akan kehilangan dan kekurangan darah sehingga dapat menyebabkan anemia. Jika jantung mengalami anemia maka jantung akan memompa darah lebih cepat jika dibandingkan dengan biasanya. Hal inilah yang menyebabkan jantung berdebar-debar.

Jantung koroner

Berikutnya adalah jantung koroner. Selain berdebar-debar, seseorang yang terkena jantung  koroner juga ditandai dengan nyeri dada seperti tertusuk benda tajam. Jika Anda mendapati hal ini sebaiknya Anda harus memeriksakan diri ke dokter, karena bisa saja Anda terkena jantung koroner. Hal ini sangatlah berbahaya. Ini dkarenakan penyakit ini dapat menyebabkan serangan jantung mendadak dan dapat menyebabkan kematian.

Nah itulah beberapa penyebab jantung berdebar yang perlu diwaspadai.