Jangan Remehkan Biji Anggur! Walaupun kerap diabaikan Dia punya Segudang Khasiat buat Kamu loh!

Biji buah anggur biasanya akan dibuang saat kita makan buah anggur. Namun tahukah Anda, bahwa biji buah anggur mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan?

Banyak di antara kita mempunyai kekhawatiran jika mengkonsumsi biji anggur ini akan menyebabkan usus buntu sebagaimana jika kita mengkonsumsi biji cabai. Namun ini tidak akan menjadi masalah karena biji anggur tidak sekeras biji cabai, sehingga masih aman untuk dikonsumsi apalagi jika menilik manfaatnya bagi tubuh kita.


Untuk mencegah kekhawatiran apabila makan biji buah anggur bisa menyebabkan usus buntu, maka alangkah baiknya untuk menghilangkan kekhawatiran ini, sebaiknya terlebih dahulu biji buah anggur dikunyah sebelum ditelan.

1. Penangkal radikal bebas

Dr.Masquelier, seorang peniliti asal Perancis, menemukan zat anti kanker berupa proanthocyanidins dalam biji-biji anggur. Keampuhan proanthocyanidins ini bisa menangkal radikal bebas berlipat 20 kali vitamin C dan 50 kali vitamin E. Ekstrak biji anggur juga dianggap lebih aman dari suplemen anti oksidan vitamin A dan E karena terlarut dalam air

2. Anti kanker

Dikutip dalam The Times of India, ekstrak dari biji anggur menambah deret penghalau sel kanker untuk berkembang biak.

Rajesh Agarwal, PhD, salah satu peneliti di University of Colorado Cancer Center dan profesor di Skaggs School of Pharmaceutical Sciences, menyatakan bahwa ekstrak biji anggur memiliki kelebihan dalam membunuh sel-sel kanker tanpa membunuh sel yang sehat.
Potensi lain yang dihasilkan oleh ekstrak biji anggur yaitu sebagai lini kedua dalam pengobatan kanker leher dan kepala, meski demikian Agarwal berharap agar temuan ini lebih di kembangkan dalam pengujian secara klinis.

3. Mencegah stroke

Menurut hasil penelitian, biji buah anggur memiliki kandungan mineral, seng (Zn) dan mangan (Mn) yang bermanfaat untuk tubuh. Biji anggur mengandung endungeoned pycnogenol, yaitu zat penguat kologen yang bisa menjaga kelenturan pembuluh darah kita. Kelenturan pembuluh darah sangat penting untuk mencegah gejala stroke.

4. Melembabkan kulit wajah

Biji anggur mampu mengunci kelembapan dan memperkuat fungsi lapisan kulit terluar. Fungsi ini sama seperti ekstrak kenari dan bunga lupin yang memiliki omega 3, 6, dan 9. Juga mengandung vitamin yang bisa melembapkan, meningkatkan sirkulasi darah, dan memberi nutrisi pada kulit dari dalam