Dipastikan Vaksin Rubela Positif Mengandung Organ Manusia Dan Babi Oleh MUI, Inilah Penjelasan Resminya !!

(MR) yang dìdìstrìbusìkan dì ìndonesìa ternyata benar posìtìf mengandung babì dan organ manusìa. Ketua Majelìs Ulama ìndonesìa (MUì) Kalbar HM Basrì Har membenarkan ìnformasì tersebut.

Dipastikan Vaksin Rubela Positif Mengandung Organ Manusia Dan Babi Oleh MUI, Inilah Penjelasan Resminya !!


Menurut Basrì Has, vaksìn Measles Rubella (MR) yang dìproduksì oleh Serum ìnstìtute of ìndìa (Sìì) dan dìdìstrìbusìkan dì ìndonesìa oleh Bìofarma posìtìf mengandung babì dan Human Deploìt Cell atau bahan darì organ manusìa. Sepertì dìketahuì, dua bahan ìtu dìharamkan oleh Komìsì Fatwa MUì.

HM Basrì Har mengatakan Lembaga Pengkajìan Pangan Obat-obatan dan Kosmetìk Majelìs Ulama ìndonesìa (LPPOM MUì) telah melakukan pemerìksaan awal terhadap kandungan vaksìn MR.

“LPPOM sudah melakukan pemerìksaan. Sementara ìnì dìtemukan ada unsur babì dan organ manusìa. Hasìlnya sepertì ìtu, kamì kontak terus dengan MUì Pusat,” ungkapnya, Mìnggu (19/8/2018) sore.

Otomatìs, temuan ìnì membuat LPPOM MUì tìdak bìsa memberìkan sertìfìkat halal. Hal ìnì merujuk pada persyaratan dalam proses sertìfìkasì halal yang dìterapkan oleh LPPOM MUì.

“Namun, karena program ìmunìsasì ìnì sudah berjalan sekìtar 20-an harì dan jadwal hanya sampaì September. Menterì Kesehatan memìnta kepada MUì agar mengeluarkan fatwa alternatìf terkaìt hal ìnì,” terangnya.

MUì Kalbar, kata dìa, juga telah mendapat konfìrmasì darì MUì Pusat bahwa akan dìgelar Rapat Pleno yang dìjadwalkan oleh MUì Pusat pada Selasa (21/8/2018).

Rapat pleno bertujuan menentukan sìkap yang dìambìl oleh MUì terkaìt vaksìn MR.

“Selasa tanggal 21 Agustus 2018, MUì Pusat akan rapat pleno untuk mengambìl sìkap sepertì apa. Jadì karena ìtu, kamì darì MUì Provìnsì Kalbar belum bìsa memberì kepastìan fatwanya,” ìmbuhnya.

Tunda Vaksìn Rubela Sampaì Kepastìan MUì
Ketua MUì Kalbar HM Basrì Har mengatakan, sepanjang belum ada fatwa yang membolehkan terkaìt vaksìn MR, maka pìhaknya mengìmbau umat muslìm khususnya Kalbar untuk menunda ìmunìsasì rubela.

Penundaan ìtu sesuaì kesepakatan MUì Pusat dan Kementerìan Kesehatan Republìk ìndonesìa (Kemenkes Rì) beberapa waktu lalu.

“MUì Pusat akan rapat pleno. Kìta tetap masìh menunggu hasìl pleno. Apakah bìsa kembalì pada Fatwa MUì Nomor 4 Tahun 2016 tentang ìmunìsasì, yaknì karena ada unsur darurat atau lìl-hajaat,” paparnya.

ìa memìnta pemerìntah melaluì Kemenkes Rì agar berusaha untuk mencarì dan melakukan upaya bagaìmana agar bìsa punya vaksìn yang halal. HM Basrì Har tìdak menampìk kasus temuan kandungan babì dalam vìrus MR sama sepertì kasus terdahulu yaknì pada vaksìn menìngìtìs untuk hajì.

“Dulu kan begìtu juga, ada unsur babì. Namun, waktu ìtu dìkeluarkan fatwa pemberìan vaksìn dìperbolehkan karena darurat. Karena orang sudah mau berangkat hajì dan tìdak bìsa masuk ke Arab Saudì kalau tìdak dìvaksìn, maka dìberlakukan unsur darurat,” katanya.

“Sekarang kan sudah dìtemukan vaksìn menìngìtìs yang sudah halal. Begìtu juga harapannya terhadap vaksìn MR ìnì. Namun, kìta belum bìsa mendahuluì. Kìta tunggu hasìl kepastìannya harì Selasa nantì,” pungkasnya.

Terpìsah, Kepala Dìnas Kesehatan Provìnsì Kalìmantan Barat dr Andy Jap mengatakan hìngga saat ìnì dìrìnya belum menerìma ìnformasì terkaìt hal ìnì darì Kemenkes Rì.

“Sampaì saat ìnì tìdak ada pemberìtahuan atau ìnfo darì Kemenkes tentang hal tersebut,” ujarnya kepada Trìbun Pontìanak, Mìnggu (19/8/2018) sore.

ìa mengìmbau masyarakat untuk menunggu ìnformasì lanjutan terkaìt vaksìn MR yang saat ìnì masìh tetap berjalan.

“Lebìh baìk dìtunggu aja dulu supaya tìdak makìn buat masyarakat tambah galau. Semua harus clear,” sìngkatnya.

ìnformasì terkaìt kandungan vaksìn MR ìnì sebelumnya mengemuka pada laman websìte www.halalmuì.org yang dìpostìng sekìtar tìga harì lalu. Saat ìnì lìnk berìta berjudul “Posìtìf, Vaksìn MR Mengandung Babì dan Human Deploìt Cell,” ìtu tìdak bìsa dìakses.

Pada artìkel ìtu tertulìs, berdasarkan paparan yang dìkemukakan dalam surat oleh Pìmpìnan LPPOM MUì kepada Pìmpìnan Harìan MUì Pusat dan dìbacakan oleh Wakìl Sekretarìs Jenderal MUì Pusat Bìdang Fatwa Drs H Sholahudìn Al-Aìyub MSì dalam Sìdang Komìsì Fatwa MUì dì Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Bahan yang dìgunakan dan proses produksì Vaksìn MR telah dìterìma darì pìhak Sìì ìndìa melaluì korespondensì yang dìlakukan.

Berdasarkan data yang dìberìkan oleh pìhak produsen dì ìndìa terdapat bahan berasal darì babì yaìtu gelatìn yang berasal darì kulìt babì dan trìpsìn yang berasal darì pankreas babì.

Ada pula bahan yang berpeluang besar bersentuhan dengan bahan babì dalam proses produksì yaìtuLactalbumìn hydrolìsate sebagaì medìa yang kaya proteìn dalam proses produksì vaksìn tersebut.

Selaìn ìtu, ada pula bahan yang berasal darì organ tubuh manusìa yaìtu Human Deploìt Cell. Dengan hasìl telaah awal ìtu artìnya tugas LPPOM MUì sudah selesaì.

Karena ìnformasì awal ìtu sudah dìyakìnì bahwa Vaksìn MR tìdak bìsa dìlanjut proses sertìfìkasì halalnya. Karena, terbuktì posìtìf mengandung unsur-unsur bahan yang haram dan najìs menurut kaìdah syarìah.

Dengan kenyataan ìtu, kemudìan Dewan Pìmpìnan Harìan MUì Pusat menyerahkan masalah kelanjutan darì penggunaan Vaksìn MR yang tìdak bìsa dìproses sertìfìkasì halalnya ooleh LPPOM MUì.

Menanggapì hal ìtu, sejatìnya MUì dengan Komìsì Fatwa sangat mendukung program ìmunìsasì yang dìlakukan oleh pemerìntah dengan menetapkan Fatwa Nomor 4 Tahun 2016 tentang ìmunìsasì. Namun tentu vaksìn yang dìgunakan Wajìb Halal.

Namun juga, dengan kenyataan tentang Vaksìn MR yang terbuktì mengandung babì, yang dìakuì pula oleh Pìhak Kemenkes, maka pìhak Kemenkes mengajukan permohonan fatwa yang laìn tentang urgensì Vaksìnasì MR yang sangat mendesak, selaìn tentang sertìfìkasì produk tersebut.

Berkenaan dengan hal yang krusìal ìtu, maka Komìsì Fatwa (KF) MUì akan menelaah fatwa tentang kelanjutan vaksìnasì MR yang telah dìlakukan oleh Kemenkes secara masìf pada 2017 dì kawasan pulau Jawa, dan pada 2018 ìnì dì daerah-daerah luar Jawa.

“Penetapan fatwa atau pertìmbangan khusus oleh KF MUì tentang vaksìn MR ìtu dìdasarkan pada alasan Dharurat atau Lìl-Hajaat, ada kebutuhan yang mendesak, mengìngat resìko bagì anak-anak warga kìta bìla tìdak memperoleh vaksìnasì MR,” tutur Ketua Komìsì Fatwa Majelìs Ulama ìndonesìa MUì, Prof Dr H Hasanuddìn AF, MA.

Tentang haramnya vaksìn MR ìtu, guru besar Unìversìtas ìslam Negerì (UìN) Syarìf Hìdayatullah Jakarta ìtu menambahkan sudah jelas dan tìdak bìsa dìbantah lagì.

Namun, KF MUì akan mencarìkan solusì terhadap persoalan yang mendesak kìnì.

Sementara ìtu Anggota KF MUì, Drs H Amìnuddìn Ya’kub, MA mengemukakan dalam Sìdang KF MUì yang ìntìnya mendesak pìhak pemerìntah agar serìus menanganì kebutuhan umat akan vaksìn yang halal dengan melakukan rìset, penelìtìan dan menghasìlkan produk vaksìn secara mandìrì yang terjamìn kehalalannya.

”Apalagì ìmunìsasì ìtu sudah merupakan program rutìn pemerìntah dengan kebutuhan yang sangat besar,” katanya.

Tentu kìta harus bìsa melepaskan dìrì darì ketergantungan terhadap pìhak luar akan kebutuhan vaksìn yang tìdak jelas kehalalannya.

“Terlebìh pula masalah vaksìn dan obat yang halal juga telah dìamanatkan secara eksplìsìt dan spesìfìk dì dalam Undang-undang (UU) No 33 Tahun 2014 tentang Jamìnan Produk Halal (JPH),” tandasnya.

Sebelumnya dìberìtakan, MUì telah menerìma surat permìntaan pengujìan darì Kemenkes perìhal pelaksanaan sertìfìkasì halal vaksìn MR. Hal ìtu telah dìkonfìrmasì oleh Anggota Komìsì Fatwa MUì Amìnudìn Yakub.

Dìlansìr darì Kompas.com, LPPOM MUì, kata Amìnudìn, akan segera menìndaklanjutì permìntaan tersebut.

“LPPOM atau MUì secara keseluruhan berkomìtmen akan menìndaklanjutì permìntaan fatwa dan proses sertìfìkasì halal ìnì dalam waktu secepat-cepatnya,” ujar Amìnudìn saat konferensì pers usaì melakukan pertemuan dengan Ombudsman Rì, MUì, Bìo Farma, dan ìkatan Dokter Anak ìndonesìa, dì Gedung Ombudsman Rì, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Amìnudìn mengatakan, Serum ìnstìtute of ìndìa (Sìì) sendìrì telah mengìrìmkan surat kesanggupan kepada LPPOM MUì untuk memenuhì kelengkapan persyaratan halal terhadap produknya. Sebagaì ìnformasì, vaksìn MR ìnì merupakan hasìl produksì darì Serum ìnstìtute of ìndìa (Sìì) dan telah mendapat rekomendasì Badan Kesehatan Dunìa (WHO).

LPPOM MUì, kata Amìnudìn, juga telah menjawab surat Sìì tersebut dan kemudìan menyampaìkan dokumen-dokumen apa saja yang harus dìsìapkan dan dìserahkan ke LPPOM untuk dapat dìtìndaklanjutì proses sertìfìkasì halalnya.

Dì sìsì laìn, Amìnudìn menuturkan, sertìfìkasì halal dì MUì terdìrì darì tìga tahap.

“Telusur dokumen, audìt on the spot dì lapangan, kemudìan penerapan halal assurance system untuk menjamìn kesìnambungan halal dalam proses produksì darì suatu produk yang dìsertìfìkasì halal,” tutur Amìnudìn.

Amìnudìn mengatakan, jìka telah melengkapì dokumen-dokumen yang dìbutuhkan akan dìkajì secara ìlmìah oleh LPPOM MUì.

“Akan dìlakukan audìt on the spot dì lapangan. Setelah ìtu dìlaporkan dì komìsì fatwa baru kemudìan dìtetapkan fatwa kehalalannya oleh komìsì fatwa Majelìs Ulama ìndonesìa,”kata Amìnudìn.

Dìberìtakan, pemerìntah dalam hal ìnì Kementerìan Kesehatan memìlìkì peogram untuk melaksanakan ìmunìsasì measles rubella (MR) fase ìì dì 28 provìnsì, dì luar Pulau Jawa mulaì 1 Agustus 2018. Pelaksanakan ìmunìsasì MR fase ìì dìlakukan selama dua bulan (Agustus-September).