Kipas Angin di Rumahmu Mulai Lelet dan Berdebu? Begini Cara Mudah Bikin Kipas Kembali Kencang dan Bersih Seperti Baru lagi!

Tinggal di iklim tropis membuat setiap rumah wajib memiliki pendingin udara. tidak hanya penyejuk udara ataupun ac, kipas angin juga jadi pilihan yang terkenal karena sifatnya yang praktis dan murah. perawatan kipas angin juga terbilang mudah. anda cukup membersihkannya secara tertib bila ada debu yang melekat di baling-balingnya.

Kipas Angin di Rumahmu Mulai Lelet dan Berdebu? Begini Cara Mudah Bikin Kipas Kembali Kencang dan Bersih Seperti Baru lagi!


Namun, jangan menunggu debunya menumpuk di permukaan kipas dulu baru dibersihkan. kipas berdebu yang dinyalakan mampu menebar debu ke seluruh rubrik dan melekat pada permukaan furnitur, kain kursi, karpet, dan seprai. dan efeknya, mampu memicu alergi dan infeksi sinus.

Yup, untuk itu bersihkanlah secara tertib, paling tidak sebulan sekali. dengan langkah yang pas, anda hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk membersihkannya, loh!

Langkah pertama, siapkan dulu perlengkapan bersih-bersihnya seperti lap basah, cairan pembersih serbaguna, ataupun deterjen pencuci pakaian. dan saat membersihkannya, pastikan tidak ada air yang menetes ke dalam mesin kipas angin.

Untuk itu gunakan lap dengan daya serap besar seperti kanebo. lap dengan hati-hati jangan sampai mematahkan baling-baling. dan seperti yang dirangkum dari rumah. com, lakukan pembersihan sesuai dengan fungsi dan tipe kipas angin masing-masing seperti sebagai berikut.

Kipas angin meja, lantai, dan gantung

Sehabis membuka komponen kipas, bereskan debu satu per satu dari sela-sela kipas. gunakan kemoceng sebagai langkah awal. setelah itu lanjutkan dengan mengelap setiap sisi dan baling-baling memakai lap basah yang diberi beberapa tetes cairan pembersih.

Gosok permukaan dengan gosok bila ditemui bercak yang menahun.

Kipas angin langit-langit

Posisinya yang tergantung di langit-langit akan membuat anda sedikit kesulitan membersihkan kipas angin tipe ini. namun anda tetap harus membersihkan paling tidak 3 sampai 4 bulan sekali. manfaatkan gagang panjang yang disambungkan dengan kemoceng ataupun gosok untuk membersihkan baling-baling dengan mudah.

Setahun sekali ataupun 6 bulan sekali, pembersihan intensif juga perlu dilakukan. triknya cukup lap dan gosok permukaan baling-baling dengan lap basah dan cairan pembersih. anda bisa memakai tangga (step ladder) untuk menjangkau langit-langit yang besar.

Sebelum kipas kembali dipakai, pastikan permukaan baling-baling sudah kering karena bila basah akan menarik debu untuk melekat lagi.

Kipas angin exhaust fan

Kipas yang terletak di rubrik lembab seperti kamar mandi ataupun kamar tidur kecil ini juga perlu dibersihkan secara teratur. gunakan vacuum cleaner yang dilengkapi gosok kemoceng ataupun dengan lap basah.

Bila cover kipas mampu dilepas, bereskan pula baling-baling dan komponen non elektrik di dalamnya memakai lap basah yang disemprotkan dengan pembersih serbaguna. jangan lupa mengubah ataupun membersihkan filter kipas maksimal 2 tahun sekali.

Tips: anda bisa membuat ramuan pembersih alami loh! gabungkan air dengan 2 sendok makan cuka putih ke dalam botol seprai. kocok hingga bercampur sempurna dan bisa anda gunakan untuk pengganti cairan pembersih serbaguna.