Ini dia Cara Mudah Menanam Daun bawang dalam Botol Plastik! Coba yuk!

Pernah terpikir ga memanfaatkan botol aqua bekas sebagai tempat untuk menanam? Untuk menekan ongkos belanja alangkah baiknya Anda menanam sayuran sendiri di halaman rumah Anda. Untuk langkah awal bisa menanam daun bawang. Ada cara mudah dan sederhana menanam daun bawang di dalam rumah tanpa harus menghabiskan media tanah. Caranya adalah dengan memanfaatkan sebuah gelas atau botol minuman kemasan.

Ini dia Cara Mudah Menanam Daun bawang dalam Botol Plastik! Coba yuk!


Menanam daun bawang cukup mudah karena tinggal menanam bibit saja tanpa perlu melakukan proses penyemaian atau pembibitan. Masa panen daun bawang juga cukup singkat. Proses mulai menaruh bibit sampai panen, membutuhkan kira kira 1,5 bulan atau jumlah rumpunnya mulai banyak dan sebagian daunnya sudah ada yang menguning.

Untuk lebih lengkapnya, berikut kami uraikan cara mudah menanam daun bawang di rumah.

Bahan :
  • Botol minuman kemasan 2 liter/gelas plastik bekas
  • Pupuk nutrisi AB Mix
  • Kresek hitam
  • Polystyrene foam/sabut kelapa/spons

Alat
  • Gunting
  • Lakban

Cara Membuat :
  1. Pilih media yang tepat untuk menumbuhkan daun bawang secara hidroponik. Bisa gelas bekas atau tempat plastik bekas atau botol plastik bekas.
  2. Pastikan kedalamannya setidaknya 15 cm.
  3. Potong polystyrene foam untuk diletakkan di dalam media. Bisa juga memakai sabut kelapa atau spons.
  4. Beri lubang foam/spons untuk media menancapkan daun bawang
  5. Kelilingi botol dengan kresek hitam. Kresek hitam bisa di ganti bahan lain, asalkan bisa memblokir cahaya matahari agar tidak masuk mengenai air nutrisi, fungsinya agar di dalam botol tidak di tumbuhi lumut.
  6. Beri pupuk khusus tanaman hidroponik agar terhindar dari aneka penyakit tanaman.Biarkan saja 3-4 minggu dan daun bawang Anda siap dipanen tanpa harus membeli terlebih dahulu di pasar.

Nah, selamat mencobanya yah!

Sumber : Jitunews