Bukan hanya untuk Masuk angin Saja! Ini dia 11 Manfaat Lain Minyak Kayu Putih yang Jarang diketahui Orang!

Minyak kayu putih alias cajuput oil ini bukan benda asing lagi. Mulai dari adik bayi, kamu yang sudah dewasa, sampai kakek dan nenekmu yang sudah tua, minyak kayu putih adalah hal yang biasa dipakai sehari-hari. Bisa jadi kamu ke mana-mana membawa minyak kayu putih. Apalagi sekarang kemasannya ada yang mungil, cocok untuk dikantongi.

Bukan hanya untuk Masuk angin Saja! Ini dia 11 Manfaat Lain Minyak Kayu Putih yang Jarang diketahui Orang!


Selama ini kamu pakai minyak kayu putih untuk apa saja? Untuk dioles ke perut saat masuk angin dan perut kembung saja? Duh. Ketinggalan kamu. Sebagai penggemar minyak kayu putih nomor satu, kegunaan lain dari minyak kayu putih ini wajib kamu tahu.

1. Campuran minyak kayu putih dengan minyak kelapa bisa mengobati ketombe yang membuat kepalamu gatal

Selain bikin baju jadi kotor, ketombe juga bikin kepala jadi gatal-gatal. Kalau kamu sudah mencoba berbagai sampo anti-ketombe dan hasilnya nggak memuaskan, coba pakai cara tradisional ini. Campur minyak kayu putih dengan minyak kelapa, lalu oleskan ke kulit kepala, dan pijat selama kurang lebih 20 menit. Minyak kayu putih mengandung zat antijamur yang bisa mengusir kotombemu yang membandel. Minyak kayu putih juga bisa meningkatkan elastisitas rambut, sehingga nggak mudah patah dan kamu terbebas dari segala masalah rambut rontok.

2. Sementara bila dicampur dengan gel lidah buaya, minyak kayu putih bisa merawat dan menghilangkan bekas jerawat serta noda di wajah

Terutama buat cewek, masalah jerawat ini memang bikin emosi. Bekas yang ditinggalkan seringnya nggak mudah hilang seperti kenangan mantan. Noda-noda di wajah membuat rasa percaya diri berkurang. Coba deh, kamu olesi wajahmu dengan campuran minyak kayu putih dengan gel lidah buaya. Minyak kayu putih memiliki sifat inflamasi yang tinggi, sehingga cocok untuk merawat kulit yang berjerawat dan menghilangkan noda-noda di wajah.

3. Supaya kulitmu tetap bersih dan awet muda, oleskan campuran minyak kayu putih dengan minyak almond

Bukan hanya untuk mengurangi noda dan merawat jerawat di wajah, minyak kayu putih juga bisa membuatmu awet muda lho. Caranya campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan minyak almond, lalu oleskan ke wajah. Setelah beberapa saat, bilas hingga bersih sambil ditepuk-tepuk lembut untuk mengeringkannya. Minyak kayu putih juga menghaluskan dan melembutkan permukaan kulitmu, serta membuat kulitmu tetap lembab secara alami.

4. Selain mengurangi mulas, minyak kayu putih bisa untuk mengobati luka. Campurkan saja dengan cuka apel, yang akan membuat lukamu cepat kering

Kamu yang selama ini hanya memakai minyak kayu putih untuk mengobati perut yang mulas, harus tahu bahwa minyak kayu putih juga bisa mengobati luka. Sifat antimikroba dan antiseptiknya bisa melindungi luka dari kuman-kuman yang datang, serta membuat luka lecet di tubuh segera kering. Selain itu, bila dicampur dengan jahe dan asam jawa, minyak kayu putih juga bisa mengeringkan nanah pada luka. Bukan hanya luka yang berdarah, minyak kayu putih juga efektif untuk mengatasi berbagai penyakit kulit.

5. Saat kamu demam atau mengalami sinusitis, cobalah menghirup uap air hangat yang ditetesi minyak kayu putih. Radangmu akan segera mereda

Untuk mengatasi demam, kamu bisa mencampur dua puluh tetes minyak kayu putih dengan sebaskom air. Kemudian basahi kain dengan air tersebut dan tempelkan pada kening. Minyak kayu putih bisa mendinginkan kulit dan membantu menurunkan demam. Kalau kamu sedang menderita sinusitis atau rasang, coba hirup uap air yang sudah dicampur dengan minyak kayu putih tadi. Tidak akan lama, radangmu akan berkurang.

6. Mau cuci tangan tapi lupa bawa handsanitizer? Pakai minyak kayu putih aja. Fungsinya sama, untuk membunuh bakteri jahat

Lagi di perjalanan, mau makan, tapi lupa bawa handsanitizer? Nggak perlu khawatir kalau kamu membawa minyak kayu putih. Cuci tangan dengan minyak kayu putih bisa membuatmu makan dengan tenang karena tanganmu bersih dari kuman. Kandungan anti-mikroba dari minyak kayu putih membunuh bakteri jahat yang merugikan tubuh.

7. Minyak kayu putih juga bisa mencegah jamur di kaki, pada kamu yang hobi ke mana-mana pakai sepatu

Sepatu memang nyaman dipakai ke mana-mana. Mulai dari acara formal sampai acara non-formal kamu bisa memakainya. Tapi terlalu lama memakai sepatu, dengan suhu udara tropis di Negara kita, membuat kakimu berkeringat. Iya nggak? Selain menimbulkan bau tak sedap, itu juga bisa membuat kakimu berjamur. Makanya, setelah beraktivitas seharian, coba rendam kakimu dengan air yang sudah ditetesi minyak kayu putih. Supaya bakter-bakteri pergi dan kamu terbebas dari jamur.

8. Minyak kayu putih bisa jadi stress-terapi yang efektif. Kalau lagi stress dan banyak pikiran, coba hirup aromanya dalam-dalam

Banyak pikiran bisa menyebabkan stress. Lama-lama kamu bisa sakit kepala. Dan bila dibiarkan terlalu lama, pastinya stress berdampak buruk untuk kesehatan. Bila stress datang dan kepala mulai pusing, cepat-cepatlah ambil minyak kayu putihmu dan hirup aromanya dalam-dalam. Minyak kayu putih mengandung zat analgesik yang bisa menenangkan pikiranmu. Lebih bagus lagi jika kamu mau berendam di air hangat yang sudah di campur dengan minya kayu putih. Analgesik pada minyak kayu putih bisa membuat sendi-sendi dan ototmu yang tegang jadi mengendor, sehingga tubuh dan pikiranmu lebih rileks.

9. Untuk kamu yang sering beraktivitas di bawah matahari, oleskan minyak kayu putih agar sunscreenmu bekerja maksimal

Tidak dipungkiri bahwa sinar matahari sangat dibutuhkan untuk kehidupan di bumi. Tapi tidak dipungkiri juga kalau sinar ultraviolet yang terkandung di dalamnya membawa dampak buruk yang kalau dibiarkan bisa membahayakan kesehatan. Karena itu untuk kamu yang banyak beraktivitas di bawah sinar matahari jangan lupa untuk memakai sunscreen. Agar sunscreenmu bekerja maksimal, oleskan minyak kayu putih setelah kamu memakai sunscreen. Maka kulitmu akan terlindung sepenuhnya.

10. Selain berguna untuk tubuh, minyak kayu putih bisa untuk pembersih lantai yang oke punya. Efektif dan lebih sehat

Selain untuk tubuh dan kesehatan, ternyata minyak kayu putih bisa untuk ngepel juga lho. Kalau kamarmu sudah kotor kebangetan, tapi kamu lupa beli sabun pembersih lantai, gunakan minyak kayu putih saja. Caranya campurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas atau hangat, lalu semprotkan ke lantai yang ingin kamu bersihkan. Selain efektif dan aromanya yang bikin kamar jadi segar, pastinya juga lebih sehat, karena bisa membunuh kuman dan bakteri di kamarmu.

11. Layar laptop atau HP kotor? Bersihkan dengan minyak kayu putih biar kinclong

Kalau layar laptop atau ponselmu burem karena debu dan terlalu seirng dipegang, coba bersihkan dengan minyak kayu putih. Caranya, tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih ke layar ponselmu, atau bisa juga kamu tuang ke tisu atau kain lap. Lalu gosok sampai bersih. Selain itu, minyak kayu putih juga bisa untuk membersihkan tas dan sepatu yang berbahan kulit. Seketika layar ponsel, laptop, dan tasmu akan kinclong kembali.

Itu dia beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari minyak kayu putih selain untuk mengobati perut kembung akibat masuk angin. Meski terkesan benda biasa saja dan umum ditemui, ternyata minyak kayu putih ini mengandung sifat-sifat seperti: analgesic, antiseptic, antibacteri, antioksidan, antineuralgic, antipyretic, dan masih banyak lagi, yang sangat berguna untuk kesehatan tubuhmu sehari-hari. So guys, minyak kayu putih nggak cuma buat mengobati mulas saja ya!

Sumber : Hipwee