Tips Mudah Merebus Telur Agar Kulit Mudah Terkelupas dan Hasil Mulus Sempurna Tanpa Cacat!

Lagi semangat membuat Telor Balado? Tapi, mood langsung down begitu melihat hasil rebusan telur yang kurang mulus. Walaupun rasanya tidak jauh berbeda, memang tidak dipungkiri jika penampilan telur yang tidak cantik akan mengurangi selera.

Tips Mudah Merebus Telur Agar Kulit Mudah Terkelupas dan Hasil Mulus Sempurna Tanpa Cacat!


Walaupun terkesan mudah, merebus telur ternyata membutuhkan kejelian dalam memasaknya. Tidak asal matang, jika terlalu lama merebusnyaakan  timbul warna kehijauan pada kuning telur yang mengurangi kenikmatan rasa.

Yuk, ingat beberapa cara berikut agar telur rebus nikmat sempurna!

Tempatkan telur dalam  panci (sauce pan) dengan posisi tidak menumpuk. Beri air dingin hingga seluruh telur terendam. Tambahkan sejumput garam agar telur lebih mudah dikupas nantinya,

Jika Anda sedikit kurang pede apakah ada telur yang retak atau tidak, tambahkan 1 sdt cuka dalam air rebusan, agar putih telur tidak keluar seluruhnya.

Rebus telur di atas api sedang, aduk sesekali hingga air mendidih. Ini dilakukan agar posisi kuning telur berada di tengah, sehingga tampilannya lebih cantik dan mudah saat mengupasnya.

Setelah mendidih, angkat panci dari atas kompor, lalu tutup. Diamkan selama 12 menit sampai telur matang dengan sendirinya.

Tiriskan telur, lalu masukkan ke dalam air es untuk menghentikan proses pemasakan.

Ketuk-ketuk telur menggunakan sendok, atau gulingkan telur perlahan di atas permukaan datar hingga retak. Agar lebih mudah, kupas telur di bawah air mengalir.

Telur rebus dapat dikonsumsi maksimal 5 hari setelah disimpan dalam wadah kedap udara dan ditempatkan dalam lemari pendingin.


Selamat mencoba di rumah ya, jangan lupa di share juga yah terimakasih !!