Sering Gak Makan dan Sering Bergadang? Hati-hati Liver Kamu Rusak! “10 Buah dan Sayuran Ini” WAJIB Kamu Makan, Terutama NO 2

Liver dan hati itu sama. Semua zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh kita, diproses oleh hati dan dikeluarkan dari tubuh. Itulah mengapa hati sangat penting. Apabila hati tidak berfungsi atau rusak, maka tubuh akan penuh dengan racun, bisa-bisa membahayakan kelangsungan hidup.

Sering Gak Makan dan Sering Bergadang? Hati-hati Liver Kamu Rusak! “10 Buah dan Sayuran Ini” WAJIB Kamu Makan, Terutama NO 2


Kalau diantara kalian ada yang sering bergadang, pola hidup atau pola makan kurang teratur (kayak mimin), kalian harus makan 10 makanan ini! Makanan-makanan ini dapat membantu menyehatkan liver dan mencegahnya dari kerusakan. Ayo buruan disimak!

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun (extra virgin) sangat menyehatkan hati apabila dikonsumsi secara rutin. Minyak zaitun mengandung lipid (molekul alami) yang menyerap racun dalam tubuh, sehingga meringankan kerja liver.

2. Bawang putih

Mungkin banyak orang tidak suka bawang putih karena baunya yang tajam, tapi bawang putih mengandung banyak zat yang baik untuk liver, kaya akan selenium, dapat bekerja sebagai antioksidan dan mendetoksifikasi tubuh.

Bawang putih juga mengandung arginine, asam amino yang membantu merelaksasi pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah di hati.

Selain itu, vitamin B6-nya juga bertindak sebagai anti-inflamasi dan vitamin C-nya dapat melindungi tubuh dari oksidasi dan kerusakan sel.

3. Sayuran hijau

Sudah terbukti bahwa sayuran hijau dapat melindungi hati, menetralisir logam, bahan kimia, dan pestisida dari makanan yang kita makan maupun dari lingkungan. Arugula, bayam, dan sawo putih dapat meningkatkan aliran empedu yang bertugas membuang limbah dari dalam tubuh.

Ubi bit merah secara alami membersihkan darah dan meningkatkan kinerja hati. Selain itu, brokoli, kembang kol, dan kubis Brussel juga membantu hati menghasilkan enzim yang membuang racun.

4. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan, yaitu catechines yang termasuk dalam kelompok organik flavonoid, membantu melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker.

5. Grapefruit (limau gedang)

Grapefruit tidak hanya mengandung banyak vitamin C tetapi juga glutathione yang disekresikan oleh hati, berfungsi untuk memulihkan jaringan, produksi kimia dan protein, dan sistem kekebalan tubuh. Grapefruit mengandung lebih dari 70 mg glutathione, membantu hati menghasilkan enzim detoksifikasi.

6. Walnut (kenari)

Seperti bawang putih, kenari mengandung arginin serta asam lemak glutathione dan omega 3 yang mendukung fungsi detoksifikasi hati.
Kenari juga kaya akan antioksidan dan lemak tak jenuh yang sehat yang mencegah lemak terakumulasi di hati. Lemak sehat ini diperlukan untuk menciptakan membran sel kuat di sekitar sel hati.

7. Apel

Apel kaya akan pektin, yang diperlukan untuk membersihkan tubuh dan mengeluarkan racun dari saluran pencernaan yang tentunya meringankan beban pada hati.

8. Kunyit

Zat aktif utama kunyit adalah kurkumin, suatu antioksidan kuat dan anti-inflamasi, membantu melindungi saluran empedu, mempercepat aliran empedu, dan membersihkan hati. Curcumin juga meremajakan sel hati dan melindungi kerusakan hati oleh alkohol.

9. Lemon dan limau

Lemon dan limau mengandung banyak vitamin C, yang dikenal dapat mengubah zat beracun menjadi senyawa yang larut dalam air yang mudah dikeluarkan dari tubuh. Sedikit jus lemon atau limau segar merangsang kerja hati.

10. Alpukat

Alpukat adalah makanan super untuk hati. Kandungan glutathione bersama dengan vitamin C dan E bertindak sebagai antioksidan untuk menetralisir radikal bebas dan melindungi sel hati dari kerusakan.

Vitamin E dan K yang terkandung dalam alpukat juga anti-inflamasi dan melindungi hati. Lemak sehat pada alpukat juga bisa mengatur kadar kolesterol.

Hati adalah organ yang sangat vital! Cuma dengan hati yang sehat kita baru bisa bebas melakukan aktivitas yang kita mau! Sayangi hatimu! Semoga bermanfaat!

Sumber: brightside/ Cerpen.co.id