Viral! Kisah Zoe Bayi Korban Asap Rokok, Awalnya Batuk Pilek, Ternyata Bayi Ini Kena Bronchopnemonia

Efek merokok itu tidak hanya buruk untuk kesehatan orang yang mengkonsumsi. Sebagaimana kita ketahui rokok bisa menyebabkan banyak penyakit.

Viral! Kisah Zoe Bayi Korban Asap Rokok, Awalnya Batuk Pilek, Ternyata Bayi Ini Kena Bronchopnemonia


Mulai dari kanker, impotensi hingga kematian pada perokok. Tapi perlu kalian perhatikan juga bahwa bahaya rokok itu juga bisa dialami oleh orang lainnya.

Orang yang paling rentan terkena bahaya ini adalah anak-anak. Sebab mereka masih memiliki daya tahan tubuh yang tak sama dengan orang dewasa.

Makanya sangat mudah bagi anak kecil terkena efek buruk dari rokok.

Seperti yang dialami oleh seorang bayi berusia 18 hari berikut ini. Kisah ini diceritakan oleh pengguna Facebook bernama Rhei Tambunan.

Rhei Tambunan mengunggah kisahnya pada Selasa (26/9/2017).

Cerita ini menjadi viral dengan cepat dan telah mendapat banyak respon netizen. Tercatat postingan itu telah mendapatkan lebih dari 17 ribu share, 3 ribu komentar dan 4 ribu emoji sedih.

Awalnya bayi perempuan bernama Zoe buah hati pasangan Rhei Tambunan ini hanya batuk pilek. Tapi kondisinya semakin parah hingga akhirnya di divonis bronchopnemonia.

Asal kalian ketahui, semua itu karena asap rokok, bagaimana bisa?

Berikut cerita selengkapnya yang diunggah oleh Rhei Tambunan: “Hai kamu, iya kamu! Para pecinta rokok! Dapet salam manis nih dari si kecil Zoe, Putri kami yg baru berusia 18 hari..

Diawali dengan batuk pilek karena si Abang juga flu awalnya, lanjut ke sesak napas, muntah, demam, plus bapilnya td yg makin parah.

Berobat jalan 3 hari gak ada perkembangan, jadilah si kecil malam2, ujan2 diangkut ke Rumkit. Ngejalanin banyak tes n pengobatan mulai dari infus (kebayang gak sih anak sekecil itu harus diinfus).

Tes darah yg lagi2 ngelibatin jarum (lu aja ngliat anak lu digigit nyamuk bisa mati2an ngejar tu nyamuk buat ditepok biar mati, lha ini?) tes gula, plus yg parahnya harus dirontgen malam itu juga.

Dan dari serangkaian perjuangan itu akhirnya jeng! Jeng! Keluarlah hasil bahwa si kecil positif BP atau bronchopnemonia atau kerennya infeksi paru-paru yg gak lain di paru-paru nya tu berisi lendir juga gak lupa ada asap, catet ya, asap!

Iya asap rokok gan! Lu cari tau dah apa itu BP. Efeknya ke anak2 kecil apalagi bayi yg notabene imun nya gak sekuat orang dewasa, plus gejala-gejala yg timbul.

Jadi bisa kan lu bayangin anak lu haus pengen minum tapi gak bisa karena batuk, gitu berhasil minum eh dimuntahkan karena sesak n tersedak karena kurang bisa nghirup udara, bisa bayangin juga kan nutrisinya jadi darimana?

Ya nggak ada lah pakde! Alhasil si anak tu kurus rus rus. Dan bayangin juga lagi ya para pecandu rokok yg ngakunya gak bisa lepas dari rokok, hanya untuk bernapas bro!

Iya, hanya sekedar udara bersih anak sekecil itu harus nyari sampe ke rumah sakit! Iya, nyari oksigen yg masih steril yg belum teracuni sama asap2 rokok kalian!

Harus 4 x 1 hari dibantu pake nebul buat ngencerin tu lendir dari parunya, harus lagi2 minum antibiotik dan obat-obatan yg gak seharusnya masuk ke badannya.

Belum lagi harus ngejalanin fisioterapi yg umumnya dijalanin sama orang-orang yg terkena stroke.. So, para ayah yg ngakunya cinta istri dan anak2, makan tuh cinta klo di kantongmu, di tasmu masih nyimpan rokok.

Gak penting bagi kami terbuai kata2 manis kalian that u really love us, it’s a damn bullshit dear!

Klo anak2 kalian, istri kalian, keluarga kalian masih bisa nyium aroma rokok di baju, tangan bahkan nafas kalian!

Gak penting bagi kami betapa merasa bersalahnya kalian ketika melihat anak istri kalian terbaring lemah melawan penyakit nya gara2 sebatang rokok kalian, kalau belum lu ceraikan tu cinta pertama kalian yg namanya udah di’filter’ ato belum, itu artinya u don’t care of us at all!

Please, jangan ada Zoe yg lain menunggu antrian ke Rumkit, masih banyak jutaan anak2 di luar sana yg pengen main bebas, ketawa2, tanpa harus terkontaminasi polusi dari asap rokok kalian.

Ketahuilah para ayah, kami sebagai istri dan anakmu ingin menghabiskan waktu hidup lama dan sehat bersama ayah.
Because the more u love us the merrier we love u too..”

Membaca postingan Rhei Tambunan ini banyak netter yang merasa bersimpati dan mendoakan Zoe agar cepat sembuh.

“Smoga Allah mberikan kesembuhan pnykit dedex sperti Allah mbrikan mukjizat ksembuhan hari ini bagi putri kcilqu.Amin” tulis Nur Indah Sari

“Ya allah kasihan banget, Cepet sembuh ya de,,,
Mudah2an cepet d angkat penyakit nya. Cepet sembuh, ceria kembali” tulis Siti Khodijah.

Ternyata ada juga netizen lain yang pernah mengalami hal serupa. Untungnya, suami mereka langsung berhenti merokok.

“Dulu jga anak q sekitar umuran 2 mguan atau lebih kena batuk batuk sampe kasain liatnya anak sekecil itu sampe segitunya batuk nya ya katanya doktor bapak nya klu pas habis merokok jangan pegang anaknya dulu alham dullilah bapaknya jdi berhenti merokok sampe sekarang ank nya udah umur 2thn lebih.” tulis Helti Juliantini.

Tentu kita tak mau ada Zoe lain selanjutnya, apakah kamu masih mau merokok??

Di larsir dari situs tribunstyle.com