loading...

Pasti Tersiksa Banget kan Karena Kuku Cantengan ? Atasi Segera Dengan 6 Cara Sederhana tapi Manjur Berikut Ini !!

Pernahkah Anda mengalami cantengan pada kuku? Cantengan merupakan satu kondisi dimana kuku tumbuh kedalam daging sehingga melukai kulit dan mengakibatkan rasa nyeri, bengkak bahkan sampai bernanah dan berdarah. Cantengan seringkali menimpa jempol kaki, namun tak jarang pula menyerang kuku tangan. Meski sepele, namun jangan pernah mengabaikan kuku cantengan karena bisa menimbulkan infeksi serius. Kuku cantengan dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa sehingga aktivitasnya jadi terganggu. Alasan itulah yang membuat kita wajib memahami bagaimana cara merawat dan mengobati kuku cantengan. Sepele, Tapi 7 Perbuatan Ini Bisa Jadi Musuh yang Membahayakan Kita Di Akhirat

Pasti Tersiksa Banget kan Karena Kuku Cantengan ? Atasi Segera Dengan 6 Cara Sederhana tapi Manjur Berikut Ini !!


Penyebab Kuku Cantengan

Sebenarnya ada banyak sekali penyebab kuku tumbuh ke dalam kulit, diantaranya : Kenali 7 Tanda yang diberikan Tubuhmu Saat Konsumsi Gula Berlebihan 
  • penggunaan kaus kaki atau sepatu yang terlalu sempit
  • Kebiasaan memotong kuku terlalu pendek
  • memotong kuku yang tidak rapi
  • Memiliki bentuk kuku yang melengkung ke dalam
  • Cedera

Gejala yang dirasakan saat cantengan

Ketika cantengan menyerang, seseorang akan mengalami beberapa gejala, diantaranya :
  • kaki bengkak di area tumbuhnya kuku
  • Terasa nyeri
  • Warna kemerahan dan bengkak di sudut ujung jari
  • Keluar cairan atau nanah
  • Berbau kurang enak ketika di sentuh

Cara merawat dan Mengobati Kuku cantengan
Ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk merawat dan mengobati cantengan, diantaranya adalah :

Rendam kaki dalam air garam
Merendam kaki dalam air garam dapat membantu melembutkan kuku, meredakan infeksi dan mengurangi rasa nyeri. Rendam dalam air garam hangat selama 20-30 menit sembari dibersihkan agar steril.

Mencuci dengan sabun anti bakteri
Rutin bersihkan kulit kaki dengan sabun anti bakteri yang bermanfaat menjaga kebersihannya sehingga mempercepat kesembuhan luka.

Potong kuku yang menancap di kulit
Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa sakit adalah dengan memotong kuku yang tumbuh ke dalam. jangan lupa bersihkan bagian yang luka dengan antiseptik untuk mengurangi bau.

Konsumsi obat pereda nyeri
Jika nyeri tak kunjung reda, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri dengan dosis yang sesuai petunjuk pada kemasan

Oleskan krim antibiotik
Cara lain yang bisa dilakukan agar cantengan cepat sembuh adalah dengan mengoleskan krim antibiotik pada luka agar infeksi bisa dicegah dan jangan lupa menutup jari menggunakan kasa.

Pergi ke dokter
Ketika cantengan yang Anda alami menunjukkan adanya infeksi, seperti bernanah, bengkak dan pendarahan parah, maka segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang serius.

Agar cantengan tak berulang lagi, pastikan jaga kebersihan kuku, hindari memotong kuku terlalu pendek, hindari menggunakan kaus kaki sempit, dan rutin gunakan pelembab pada kaki agar kesehatan kaki terjaga. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.