Type something and hit enter

By On
Lingkungan yang sehat akan membawa dampak yang sehat pula. Kebersihan perabutan rumah tangga merupakan hal yang penting. Namun, kebersihan perabotan tidak dapat dipastikan. Hama yang banyak merusak perabotan adalah jamur. Jamur merupakan alah satu organisme yang paling sering merusak dan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Jamur biasanya menyerang perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu. Kemunculan jamur sangat jarang dirasakan. Biasanya jamur akan terasa ketika sudah bertumbuh secara lebat dan membuat warna lemari berubah. Jika jamur telah berkembang dengan pesat dampak buruk selanjutnya adalah aroma tidak sedap yang mengontaminasi pakaian anda. Jika sudah seperti ini pakaian kesayangan anda kan rusak bukan? Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Mari kita simak dalam artikel ini.

INILAH Cara Mudah Mengatasi Lemari Kayu yang Berjamur! Coba Yuk Bun!


Bukalah Lemari Anda

Salah satu faktor yang menjadi penyebab tumbuhnya jamur adalah udara yang lembab. Dengan membuka lemari akan memberikan sirkulasi dalam lemari anda. Bukalah pintu lemari anda pada siang sampai sore. Cara ini dinilai efektif untuk mengatasi pertumbuhan jamur.

Gunalakan Alkohol

Jika anda ingin membersihkan jamur dengan air, maka urungkanlah niat anda. Membersihkan jamur dengan air justru akan membuat jamur semakin tumbuh subur. Untuk membersihkan jamur yang tumbuh di lemari, anda dapat menggunakan alkohol sebagai media pembersihnya. Anda dapat menggunakan alkohol denga kadar 70% sampai 80%. Tips ini tidak hanya sukses memberihkan jamur. Namun juga dapat membersihkan noda kotor yang ditinggalkan jamur.

Gunakan Alas Kayu

Untuk menjaga lemari anda tetap kering anda dapat menggunakan alas dari kayu. Lantai kamar umumnya memiliki sifat yang lembab. Jika anda menggunakan alsa kayu pada lemari anda, hal ini akan
menghambat jamur menjalar dan tumbuh ke lemari anda. Tips ini merupakan pencegahan pertumbuhan jamur.

Gunakan Cairan Pelapis

Cara lain agar lemari anda tidak terserang jamur adalah dengan mengecat lemari anda. Anda dapat memilih pernis sebagai pelapis lemari anda. Selain agar terlihat cantic, pernis umumnya sudah terkandung zat anti jamur.

Gunakan Bahan Penyerap Lembab

Jika Anda tidak mau ribet, Anda bisa memanfaatkan bahan penyerap lembab. Anda bisa memperoleh bahan penyerap lembab tersebut di pasaran. Selain mudah didapat, bahan penyerap lembab juga sangat mudah digunakan. Metode ini sangat efektif digunakan terutama bagi Anda yang sangat sibuk dan tidak sempat melakukan perawatan pada perabot rumah tangga. Untuk mencegah pertumbuhan jamur. Anda cukup meletakkan bahan penyerap lembab di setiap sudut dalam lemari. Cara tersebut cukup efektif untuk menjaga lemari Anda tetap dalam keadaan kering.

Baca juga: