Type something and hit enter

By On
Para muslimah perlu tahu bahwa suatu saat suaminya bisa mengalami puber kedua. Apakah semua priaakan mengalami puber kedua? Pada usia berapa dan apa saja tanda-tandanya?

INFO PENTING! Ini adalah Ciri Ciri Pria Mengalami Puber Kedua! Para Istri Harus Tau ini!


Dikutip dari webmuslimah.com, para pakar berpendapat, puber kedua pasti akan dialami oleh semua pria. Dalam buku Menyikapi Tingkah Laku Suami karya Muhammad Abdul Ghoffar, disebutkan bahwa puber kedua pria terjadi pada usia 35 – 45 tahun.

Sedangkan menurut banyak referensi lain, puber kedua priaterjadi pada usia kisaran 40 tahun. Hampir sama. Dan ini mengingatkan kita pada firman Allah yang secara khusus memberi perhatian pada usia 40 tahun sebagai usia dewasa.

Lalu, apa tanda puber kedua pada pria ini? Sedikitnya ada enam tanda puber kedua. Tiga tanda pertama adalah tanda-tanda secara fisiologis. Sedangkan tiga tanda berikutnya adalah tanda-tanda secara psikologis.

1. Adanya rambut tambahan

Ketika seorang pria mengalami puber kedua, umumnya disertai dengan adanya rambut tambahan yang lebih lebat dan panjang.

Rambut ini bisa tumbuh di punggung, termasuk juga semakin lebat dan panjangnya rambut di hidung dan telinga.

2. Pertumbuhan fisik

Puber kedua umumnya juga disertai dengan pertumbuhan fisik secara cepat yang membuat bagian tubuh tertentu tidak tumbuh secara proporsional.

3. Perubahan suara

Meskipun pada puber pertama saat remaja suara telah berubah menjadi lebih besar, pada puber kedua juga akan kembali mengalami perubahan suara menjadi lebih dalam.

Menurut Psikolog UI Zainoel B Biran, tanda-tanda puber keduapria dari aspek psikologis sebenarnya adalah munculnya ketertarikan lebih pada lawan jenis.

Hal ini membuat pria yang mengalami puber kedua lebih memperhatikan penampilannya daripada beberapa tahun sebelumnya. Misalnya ditandai dengan:

1. Senang berpenampilan modis

Mungkin pilihan jenis pakaiannya berbeda. Bajunya lebih modis, celananya lebih modis, lebih memperhatikan kerapian dan seterusnya.

2. Rambut disisir lebih rapi

Jika pada usia kepala tiga seorang pria jarang memperhatikan kerapian rambutnya, lalu di usia kepala empat ia lebih perhatian dengan rambutnya, perlu diketahui bahwa bisa jadi itu merupakan salah satu tanda puber kedua.

3. Memakai wangi-wangian

Memakai parfum, baik di rumah maupun ketika hendak pergi. Jika sebelumnya jarang menggunakannya dan berubah drastis pada usia 40-an tahun, itu juga merupakan salah satu tanda puber kedua.

Baca juga: