loading...

Mau punya Kulit lembut dan halus? Pakai Scrub Lemon yuk! Cocok banget nih buat yang punya Kulit berminyak! Begini Cara membuatnya

Lemon juga punya khasiat luar biasa buat kecantikanmu loh, sekarang eyang lemon mau share seputar lemon untuk kecantikan wajahmu, sudah dari dulu banyak yang membuktikan nih ampuhnya khasiat lemon untuk kecantikan sekarang giliran kamu yang mencobanya.

Mau punya Kulit lembut dan halus? Pakai Scrub Lemon yuk! Cocok banget nih buat yang punya Kulit berminyak! Begini Cara membuatnya


Kamu bisa menggunakan dua bahan utama yaitu lemon dan gula pasir. Untuk hasil terbaik, tambahkan madu dan minyak zaitun (bisa diganti dengan minyak kelapa seperti virgin coconut oil, bisa juga minyak jojoba). Gunakan madu murni (bukan madu olahan) untuk mendapatkan hasil terbaik. Manfaat dari bahan-bahan ini adalah :

Lemon mengandung antara lain asam sitrat dan vitamin C sebagai anti oksidan yang umum digunakan pada produk perawatan kulit. Anti oksidan dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak kolagen sehingga menjaga keremajaan kulit. Vitamin ini juga berguna untuk mencerahkan dan memudarkan noda hitam karena penuaan dan jerawat pada kulit. Lemon juga berfungsi sebagai astringent dan anti bakteria. Kandungan asamnya juga dapat mengeksfoliasi sel kulit yang mati.

Gula sebagai eksfoliator alami, mengandung asam glikolat yang dapat meratakan warna kulit, membersihkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati.
Minyak zaitun mengandung vitamin E untuk memperhalus kulit, sebagai pelembab alami, dan meramajakan kulit, menyamarkan bekas jerawat.
Madu sebagai anti oksidan alami mencegah penuaan kulit, menjaga kelembaban kulit, dan sebagai anti bakteri alami untuk mencegah jerawat. 

Yang perlu kamu siapkan
untuk membuat scrub ini adalah :

Setengah potong lemon segar
Sepuluh sendok makan gula pasir
Satu sampai dua sendok makan minyak zaitun
Satu sampai dua sendok makan madu murni

Campurkan sampai rata perasan lemon (parutan kulit lemon ini bisa juga ditambahkan ke dalam campuran) dengan minyak zaitun. Masukkan madu dan aduk dengan cepat hingga tercampur rata dan agak mengental. Bila terlalu encer atau terlalu kental, tambahkan madu atau minyak zaitun sampai kekentalan yang diinginkan. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil aduk rata, kurangi atau tambah lagi gula pasir bila dirasa berlebih atau kurang. Buat campuran baru setiap akan memakai scrub untuk hasil maksimal agar tidak ada kerusakan vitamin atau gula menjadi larut selama penyimpanan, jadi sesuaikan porsi scrub dengan kebutuhanmu.

Cara pemakaiannya mudah sekali,  oleskan pada kulit wajah atau badan dan pijat secara lembut dengan gerakan melingkar-lingkar selama 3-5 menit. Diamkan selama 7-10 menit kemudian bilas hingga bersih. Untuk scrub wajah, kamu bisa uapi (steaming) terlebih dulu wajah kamu dengan uap air panas kira-kira 5 menit agar pori-pori wajah menjadi terbuka.

Pastikan kulit wajah atau badanmu tidak ada yang luka agar tidak terasa perih di kulit. Karena vitamin C pada lemon dapat membuat kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari, sebaiknya gunakan scrub ini pada sore atau malam hari. Untuk wajahmu, cukup gunakan scrub ini 1 minggu sekali. Sedangkan untuk badan, kamu bisa gunakan 2-3 kali seminggu. Jangan lupa gunakan pelembab wajah atau badan setelah pemakaian, dan selamat menikmati kulit halus lembut setiap hari...

Sumber  : berbagai sumber
Foto :  beautybanter.com; loveandrosen.com