Air Sumur Di Rumah Berwarna Kuning Dan Keruh? Padahal Sudah Pakai Jet Pump. Cobain 5 Tips Berikut Ini Yang Bisa Bikin Air Sumur Jadi Jernih

Air merupakan salah satu kebutuhan penting bagi manusia, mulai dari kebutuhan untuk minum hingga mencuci. Tak ada air sama dengan tak ada kehidupan. Oleh karena itu, air yang bersih sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia.

Air Sumur Di Rumah Berwarna Kuning Dan Keruh? Padahal Sudah Pakai Jet Pump. Cobain 5 Tips Berikut Ini Yang Bisa Bikin Air Sumur Jadi Jernih


Bagi beberapa wilayah yang sudah terjamah oleh perusahaan air minum, air yang bersih dan jernih tentu akan sangat mudah diperoleh. Lantas, bagaimana dengan wilayah yang belum dijangkau oleh perusahaan air minum dan masih mengandalkan sumber air dari sumur?

Air yang didapat dari sumur cenderung bermasalah. Pada umumnya, air dari sumur tidak terlalu bersih, keruh, dan kekuningan. Nah, air dengan kriteria tersebut tentu tidak aman untuk dikonsumsi. Untuk itu, Bacaterus hendak memberikan solusi cara menjernihkan air sumur secara alami dan ekonomis.

Saat ini banyak sumur memiliki kualitas air yang buruk karena dibuat di tempat atau lingkungan yang kurang sesuai. Oleh karena itu sebelum menjernihkan air sumur, perhatikan terlebih dahulu beberapa kriteria sumur yang baik berikut ini:
  • Sumur memiliki kedalaman lebih dari 10 meter
  • Jarak antara sumur dengan MCK atau toilet minimal 10 meter, jika melebihi 10 meter akan lebih baik. Ini untuk memastikan air sumur tidak tercemar oleh limbah kamar mandi yang merembes ke dalam sumur
  • Jika ingin menggali sumur, hindari lahan atau tanah yang dulunya pernah digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Meskipun sudah tidak ada sampahnya, tetapi kuman dan bakterinya tetap tertinggal di lahan tersebut
  • Tekstur tanah bercampur pasir merupakan tempat penggalian sumur yang ideal. Pasalnya, pasir bisa menjaga kejernihan air sumur secara alami
  • Hindari membuat sumur di area bekas rawa, sebaiknya buat sumur di dekat tanah yang ditumbuhi tanaman berakar karena jenis tanaman itu banyak mengandung air
Setelah Anda menemukan area yang pas untuk membuat sumur, maka mulailah menggali sumur baru. Akan tetapi, jika sumur sudah tersedia, maka Anda hanya perlu mencari cara untuk menjernihkan air dalam sumur tersebut. Berikut adalah beberapa bahan alami yang bermanfaat untuk menjernihkan air sumur:

Tawas

Batuan kecil berwarna putih ini sepintas terlihat mirip dengan gula batu. Akan tetapi, gula batu memiliki warna bening, sedangkan tawas berwarna sedikit lebih putih. Untuk memperoleh tawas, Anda bisa membelinya di toko bangunan. Cara menjernihkan air sumur dengan tawas adalah:
  1. Hancurkan tawas hingga menjadi halus
  2. Masukkan tawas ke dalam wadah berisi air dan aduk hingga larut
  3. Tuang larutan air dan tawas ke dalam sumur
  4. Pastikan Anda melarutkan tawas dengan air terlebih dahulu sebelum digunakan untuk menjernihkan air sumur. Selain itu, sesuaikan jumlah tawas yang digunakan dengan ke dalam sumur. Sebagai permulaan, cobalah menggunakan 1 kg tawas terlebih dahulu. Jika air tak kunjung jernih, tambahkan tawas ½ – 1 kg lagi.

Ijuk

Ijuk merupakan serat pepohonan yang dikenal sebagai bahan baku untuk membuat sapu. Faktanya, ijuk juga dapat digunakan untuk menjernihkan air sumur, lho! Berikut adalah cara menjernihkan air dengan ijuk:
  1. Gunakan ijuk berbentuk lingkaran yang memiliki diameter kurang lebih 1 meter
  2.  Ambil 5 rangkaian ijuk, lalu tumpuk dan jalin kelima rangkaian ijuk dengan tali yang dilengkapi dengan pemberat
  3. Masukkan rangkaian ijuk ke dalam sumur. Untuk mendorong ijuk sampai ke dasar sumur, dorong dengan sebilah bambu
  4.  Agar ijuk tidak mengapung ke atas, tindih dengan beberapa batu bata
  5. Sebagai catatan, proses menjernihkan air sumur dengan menggunakan ijuk ini tidak memberikan hasil secara instan. Anda harus menunggu beberapa hari kemudian untuk melihat kejernihan air di dalam sumur tersebut.

Arang Tempurung Kelapa

Tahukah Anda bahwa arang tempurung kelapa mengandung karbon aktif yang mampu mengikat kotoran? Kandungan inilah yang membuat arang kelapa bisa menjernihkan air, khususnya air sumur. Cara mengaplikasikan arang kelapa sebagai penjernih air sumur cukup, yaitu:
  1. Bungkus arang kepala menggunakan kain
  2. Masukkan ke dalam sumur

Sesuaikan jumlah arang kelapa dengan kedalaman sumur Anda, jangan terlalu banyak dan jangan pula terlalu sedikit. Arang kelapa ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di warung atau toserba jika Anda tidak ingin repot membuatnya sendiri.

Menguras Sumur

Apabila ketiga cara di atas tidak bisa menjernihkan air dalam sumur, maka Anda harus mencoba untuk menguras sumur itu. Pasalnya, air yang keruh dan kotor juga bisa disebabkan oleh lumut yang tumbuh di dinding sumur. Di samping itu, mungkin dasar sumur juga sudah dipenuhi dengan lumut sehingga air menjadi kekuningan dan kotor.

Membuat Filter Air Sederhana

Selain semua cara-cara di atas, menggunakan filter air juga merupakan cara yang efektif untuk mengubah air sumur yang keruh menjadi lebih bersih dan jernih. Anda tak perlu membeli filter air dengan harga yang mahal, cukup buat sendiri filter air sederhana. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti:
  • Botol air mineral
  • Gunting atau pisau
  • Kapas
  • Arang kelapa atau pasir
  • Kerikil kecil
  • Kerikil besar

Apabila semua bahan tersebut sudah terkumpul, sekarang kita bisa langsung membuatnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Gunting bagian bawah botol air mineral bekas berukuran 600ml atau 1,5 liter
  2. Buat lubang kecil pada tutup botol dengan pisau atau obeng
  3. Masukkan kain atau kapas ke dalam botol hingga menyentuh tutup botolnya
  4. Lanjutkan dengan mengisi dengan pasir atau arang kelapa yang dihancurkan sekitar 2 inci
  5. Tambahkan 2 inci kerikil kecil ke dalam botol
  6. Selanjutnya, tambahkan lagi 1-2 inci kerikil dengan ukuran yang lebih besar
  7. Coba tuangkan air yang keruh dan kotor ke dalam botol
  8. Letakkan gelas kosong di bawah tutup botol dan lihatlah air yang keruh tersebut akan disaring hingga jernih

Jika Anda berhasil menjernihkan air dengan filter sederhana ini, maka Anda bisa membuatnya dengan ukuran yang lebih besar lagi. Anda bisa membuatnya dengan menggunakan tabung galon air, ember, dan peralatan rumah tangga lainnya.

Dengan berbagai cara menjernihkan air sumur di atas, Anda tidak perlu bingung mengatasi masalah air sumur yang kotor, keruh dan kekuningan. Pastikan Anda selalu membersihkan sumur dengan mengurasnya secara teratur agar air didalamnya tetap jernih dan bersih.