loading...

Sudah Tau Belum? Tips Menghilangkan Bau Jengkol tanpa Mengurangi Kelezatannya?

Menikmati jengkol bisa dengan berbagai cara, ada yang suka semur jengkol, sambel goreng jengkol, gulai jengkol, jengkol masak kecap, rendang jengkol atau bahkan ada yang lebih suka memakan jengkol mentah karena baunya yang begitu mantap.

Sudah Tau Belum? Tips Menghilangkan Bau Jengkol tanpa Mengurangi Kelezatannya?


Memakan jengkol juga banyak manfaatnya, jengkol mengandung vitamin A vitamin B, vitamin C, fosfor, kalium, protein dan berbagai zat lain yang bermanfaat bagi tubuh.

Namun dibalik itu makan jengkol juga memiliki resiko jika dimakan terlalu banyak karena mengandung zat kapur. Selain itu bau jengkol juga bisa mengganggu orang di sekitar.

Citarasa jengkol yang menyengat ini sebenarnya dapat dihilangkan tanpa harus merubah rasa jengkol itu sendiri. Ada teknik khusus yang bisa digunakan untuk memasak jengkol agar bau jengkol bisa dinetralisir dan semakin banyak orang yang bisa menikmati jengkol. Sebenarnya memasak jengkol agar tidak bau itu terletak pada cara pengolahannya.

Jika pengolahannya benar dan tepat, niscaya bau jengkol akan hilang namun tidak mengurangi kenikmatannya.

Resep menghilangkan bau jengkol

dapat dilakukan dengan menggunakan irisan daun jeruk untuk merebus jengkol sebelum dimaak lebih lanjut. Cara ini efektif menghilangkan aroma khas jengkol yang menyengat. Cara lain untuk menghilangkan bau jengkol ketika dimasak adalah dengan merendam jengkol dalam air kapur satu malam sebelum diolah.

Cara ini juga dapat menetralisir bau jengkol tanpa mengurangi kelezatannya.