STOP Masak Lontong Dibungkus Plastik, Ini Bahayanya ”Sebarkan”

Kepala Seksi Layanan Informasi Konsumen Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang Yon Firman mengungkapkan bahwa memasak lontong dengan bungkus plastik ternyata sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh.

STOP Masak Lontong Dibungkus Plastik, Ini Bahayanya ”Sebarkan”


“Lontong plastik mengandung zat kimia polimer. Polimer ini dapat masuk dalam tubuh manusia karena bersifat larut, sehingga bila terjadi akumulasi dalam tubuh akan menyebabkan kanker” ujar Yon Firman seperti dilansir republika,

Selain kanker, Yon memaparkan bahwa kandungan polimer pada lontong dengan bungkus plastik dapat berpotensi menurunkan kesuburan reproduksi, bahkan bisa menyebabkan kemandulan.

Sementara bagi ibu-ibu yang tengah hamil menurut Yon bisa mengganggu ke janin melalui plasenta yang berdampak jangka panjang mengakibatkan sepeti kelelahan, sulit tidur dan anemia (kurang darah).

“Kami sudah ada sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak memakai lagi bahan plastik untuk membungkus lontong. Sebagian besar pedagang penjual lontong sudah ada yang tahu tapi juga yang belum tahu dengan bahayanya lontong plastik,” jelas Yon

Sebagai solusi, Yon menyarankan bagi para pedagang ataupun ibu rumah tangga, lebih baik memasak lontong dengan menggunakan daun pisang atau ketupat.