loading...

Si Buah Hati Tiba - Tiba Demam...? Jangan Panik, Lakukan 3 Tips Berikut ini Untuk Pertolongan Pertama !!

Demam merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling sering dialami olah anak balita. Terkadang orang tua dibuat khawatir dengan panas tinggi yang dialami oleh buah hatinya sehingga berinisiatif untuk berkonsultasi dengan dokter.

Si Buah Hati Tiba - Tiba Demam...? Jangan Panik, Lakukan 3 Tips Berikut ini Untuk Pertolongan Pertama !!


Menurut kajian Ilmu Kedokteran, demam merupakan hal yang biasa dan normal terjadi pada manusia. Demam merupakan wujud perlawanan tubuh kita terhadap kuman yang ada di dalam tubuh atau infeksi yang terjadi dikarenakan luka atau semacamnya.

Reaksi orang tua pada umumnya sama ketika mengetahui buah hatinya demam, yakni berusaha mencari cara untuk menurunkan demam tersebut. Perlu diketahui, suhu tubuh untuk dikatakan mengalami demam adalah antara 37 – 38 derajat celcius. Biasanya, dalam kondisi seperti itu, orang tua akan memberikan obat untuk menurunkan panas. Sekedar informasi, obat penurun panas bukanlah obat yang ditujukan untuk menurunkan panas, melainkan obat yang didesain untuk membuat seseorang merasa lebih tenang dan nyaman. Adapun selain memberikan obat, ada beberapa cara lain selain memberikan obat yang dapat dicoba oleh orang tua. Nah, artikel ini akan berfokus pada beberapa tips menurunkan demam anak tanpa obat. Ingin tahu? Silahkan simak beberapa poin di bawah ini, antara lain :

Mengistirahatkan Si Buah Hati

Jika biasanya anak kita sangat lincah dalam beraktivitas, maka biasanya saat mengalami demam dia akan mengalami lemas dan lesu. Nah, dalam kondisi seperti ini jangan biarkan anak terlalu banyak bergerak. Sebisa mungkin anak harus menjalani bedrest untuk memulihkan kondisi kesehatannya.

Kompres Dengan Air Hangat

Cara menurunkan demam anak dengan kompres air hangat merupakan pilihan yang bijak. Ada beberapa titik yang dapat dikompres saat demam. Bagian punggung, lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak dan selangkangan. Perlu diingat agar setiap 15 menit sekali kompres tersebut diganti dengan yang baru. Dan hal terpenting dalam mengkompres ini adalah jangan mengkompres dengan menggunakan air dingin. Mengapa dilarang menggunakan air dingin? Saat demam, panas tubuh menumpuk di dalam dan perlu untuk dikeluarkan melalui penguapan yang terjadi di pembuluh darah. Jika kita mengkompres dengan air dingin, pembuluh darah malah akan mengecil dan menghalangi proses penguapan tersebut sehingga demam akan sulit turun. Itulah sebabnya kita tidak boleh mengkompres seseorang yang demam dengan menggunakan air dingin.

Manfaatkan Ramuan Tradisional

Ramuan tradisional di sini berupa terapi herbal. Nenek moyang kita sejak dulu telah diakui ahli dalam meramu berbagai macam obat-obatan tradisional. Dalam kasus demam, manfaatkan bawang merah yang telah dihaluskan untuk dioleskan ke seluruh bagian tubuh anak. Hal ini dapat membuat si anak merasa lebih nyaman. Aroma bawang merah pun dapat menghadirkan sensasi yang menyenangkan (aroma Eukaliptus dan Lavender). Itulah sedikit manfaat bawang merah sebagai penurun panas yang sebaiknya Anda ketahui.

Nah, itulah beberapa tips praktis meredakan demam anak yang dapat dicoba di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam sehat selalu.