Tips Alami Membersihkan Kaki Agar Terhindar Dari Bau Dan Pecah-Pecah

Kebersihan menjadi hal yang wajib dijaga. Sebab dengan menjaga kebersihan tentu akan membuat anda tetap sehat, dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Dan salah satu bagian tubuh yang kadang kurang begitu terjaga kebersihannya adalah, bagian kaki. Padahal untuk diketahui kaki yang kurang terjaga kebersihannya bisa memicu masalah, antara lain tumit yang pecah-pecah dan juga bau. Untuk itu anda perlu mengetahui cara alami membersihkan kaki, ini agar anda bisa terhindar dari masalah bau kaki dan juga tumit pecah-pecah.

Tips Alami Membersihkan Kaki Agar Terhindar Dari Bau Dan Pecah-Pecah


Berikit cara alami membersihkan kaki yang tepat, yaitu :

1. Siapkan baskom atau ember, kemudian isi dengan air hangat. Untuk jumlah air hangat yang akan digunakan sesuai dengan keinginan anda. Tetapi usahakan agar dapat merendam sampai dengan mata kaki.

2. Jangan lupa masukkan sabun cair, sedikit saja. Lalu aduk sampai tercampur air, dan mengeluarkan busa. Masukkan kaki anda secara perlahan, diamkan sebentar lalu gosok menggunakan handuk kecil. Pastikan ketika menggosok menggunakan handuk kecil sampai ke semua bagian kaki.

3. Bersihkan bagian sela-sela kaki, kuku, punggung, serta telapak kaki terutama bagian tumit. Karena bagian tumit sangat penting untuk anda bersihkan. Ketika membersihkan bagian tumit, anda juga dapat menggosok tumit dengan menggunakan sikat. Tujuannya agar tumit benar-benar bersih, sebab tumit yang kotor akan mudah pecah-pecah dan bila semakin parah akan mengganggu aktifitas harian anda.

4. Jika sudah selesai, angkat kaki anda dari air dan segera keringkan dengan handuk yang bersih dan kering.

5. Setelah kaki anda benar-benar kering, oleskan body lotion ke bagian kaki secara merata sambil anda pijit dengan halus.

6. Selain menggunakan sabun, cara alami membersihkan kaki juga dapat dilakukan dengan merendamnya dengan air garam. Sebelumnya cuci bersih kaki dulu, kemudian rendam selama 10-15 menit dengan air garam. Cara ini dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati, dan mengurangi rasa lelah yang sering terjadi pada kaki anda karena berdiri atau berjalan dalam waktu yang lama.
Selain cara alami membersihkan kaki tersebut, anda juga dapat melakukan perawatan pada bagian kaki. Ini agar kaki tetap terjaga kesehatannya, serta tetap terlihat bersih dan juga indah.

a. Bersepeda
Merawat kaki agar tetap sehat dan indah bisa dilakukan dengan bersepeda. Rutin bersepeda akan melatih otot kaki, dan bisa membuat kaki menjadi langsing. Dan yang paling penting, bisa menghindarkan dan dari varises.

b. Memijat kaki
Usahakan untuk sering melakukan pemijatan setelah melakukan aktifitas seharian. Tujuannya untuk memperlancar sirkulasi darah dan membuat kaki anda tetap rileks.

Itulah beberapa cara alami membersihkan kaki. Agar kaki anda tetap sehat dan juga bersih, jangan lupa untuk selalu memakai alas kaki yang bersih. Dan bila anda melakukan aktifitas dengan memakai sepatu, maka dianjurkan untuk selalu mengganti kaos kaki yang anda pakai. Ini untuk menghindari kaki anda dari masalah bau kaki.