loading...

HATI - HATI!!! Ternyata Cuci Daging Ayam Mentah Itu Berbahaya! Ini Penjelasannya...

Untuk memenuhi kebutuhan protein hewani, daging ayam menjadi pilihan para ibu. Selain murah, rasanya juga enak dan mudah cara pengolahannya. Paling mudah bisa dengan hanya menggorengnya sudah bisa dijadikan lauk untuk makan siang.

HATI - HATI!!! Ternyata Cuci Daging Ayam Mentah Itu Berbahaya! Ini Penjelasannya...


Permintaan daging ayam di negeri ini memang tinggi, tapi ternyata masih banyak ibu-ibu yang belum mengetahui tentang perlakuan pada daging ayam sebelum dimasak. Hampir sebagian ibu rumah tangga yang mencuci daging ayam mentah sebelum dimasak, padahal hal itu salah kaprah.

Mencuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi memang dianjurkan oleh para ahli keamanan pangan di dunia, tapi bukan berarti berlaku juga pada daging unggas. Cuci daging ayam mentah ternyata berbahaya lho. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat bahwa mencuci daging unggas membahayakan kesehatan. Ini alasannya!

Daging Ayam Mentah Terkontaminasi Bakteri

Permukaan daging ayam memang sering terkontaminasi bakteri jenis Campylobacter dan Salmonella. Jika Anda mengira mencuci daging mentah bisa menghilangkan bakteri tersebut maka anggapan itu salah besar. Bakteri yang ada pada permukaan daging ayam dalam jumlah besar justru berpotensi sebabkan infeksi saat dicuci.

Saat Anda mencuci, mengguyurnya di bawah keran maka percikan airnya bisa terciprat kemana-mana. Sementara pada cipratan air tersebut mengandung bakteri yang di bawa dari permukaan ayam mentah. Sehingga bakteri akan menyebar kemana-mana, seperti wastafel, rak piring dan permukaan lainnya.
Tetesan air yang terdapat bakteri tersebut bisa menyebar sejauh setengah meter ke seluruh ruangan. Pada saat Anda hendak menyajikan makanan ke piring saji, kemungkinan besar akan terkontaminasi bakteri hingga menyebabkan keracunan.

Infeksi yang disebabkan oleh bakteri Campylobacter atau Salmonella bisa mengakibatkan gangguan kesehatan seperti demam, sakit perut, mual, muntah, diare, nyeri otot, dan sakit kepala. 

Alasan Mencuci Daging Ayam Sebelum Dimasak

Meskipun sudah banyak yang mengetahui fakta ini, namun tidak sedikit orang yang masih melakukan kesalahan seperti itu. Mereka menganggap bahwa mencuci daging ayam sebelum di masak lebih higienis. Selain itu biasanya para ibu mencuci daging ayam mentah dengan alasan-alasan berikut:
Cuci ayam mentah untuk menghilangkan bau

Daging ayam mentah yang kita beli biasanya berbau tidak sedap. Padahal sebenarnya Anda bisa menghindari bau tidak sedap pada ayam dengan membeli di tempat yang terjaga kebersihannya dan higienis.

Cuci ayam mentah agar tidak licin karena lendir

Alasan selanjutnya yang dijadikan dasar seseorang tetap mencuci daging mentah sebelum dimasak karena agar tidak licin saat dipegang. Anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan tisu.

Cuci ayam mentah bisa menghilangkan bakteri

Mencuci merupakan salah satu cara untuk menghilangkan bakteri pada buah dan sayur. Alasan tersebut tidak bisa disamakan untuk mencuci ayam. Memang betul sebagian bakteri hilang terbawa aliran air, tapi sebagiannya tetap tertinggal di permukaan daging ayam.

Solusi memasak ayam tanpa mencucinya dahulu

Sebenarnya tidak perlu mencuci daging ayam terlebih dahulu sebelum memasak. Jika Anda peduli pada kebersihan maka setelah membelinya di tempat yang bersih dan bisa langsung di masak. Hindari cara pengolahan ayam setengah matang, sebab hal itu tidak akan membunuh bakteri.

Bakteri pada ayam akan mati pada suhu 70°C. Cara memasak daging ayam yang benar bisa membunuh bakteri-bakteri pada daging ayam yang tidak dicuci sebelumnya. Apakah Anda termasuk orang yang suka mencuci daging ayam mentah sebelum di masak? (viva.co.id)

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x