Inilah Cara Praktis Membasmi Ketombe Membandel dengan Bahan Alami!

Salah satu permasalahan yang mendera rambut adalah ketombe. Ketombe yang berasal dari kulit kepala yang rontok ini akan memunculkan serpihan putih yang membuat penampilan kamu tidak enak dipandang.

Inilah Cara Praktis Membasmi Ketombe Membandel dengan Bahan Alami!


Ketombe sebenarnya adalah kulit kepala yang mati yang rontok akibat suhu kepala yang panas. Ketombe juga bisa terjadi karena sirkulasi darah yang tidak bagus. Penyebabnya adalah kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak seperti daging, produk susu, serta makanan yang mengandung minyak berlebih.

Masalahnya meski sudah seringkali memakai sampo anti ketombe dan melakukan beragam perawatan, ketombe tetap saja datang. Well, itu berarti sudah saatnya kamu beralih ke metode bahan alami.

Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

Campuran jahe dan wijen

Ternyata campuran antara jahe dan wijen juga bisa bermanfaat untuk membasmi ketombe, lho. Untuk membuat campuran ini, campur perasan air jahe, 3 sendok makan minyak wijen, dan setengah sendok perasan lemon. Kemudian pijat kulit kepala kamu dengan campuran ini setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Akar manis

Akar manis atau licorice juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Sebab licorice mengandung zat Glycerrhizin yang dapat mengurangi sekresi minyak di kulit kepala. Zat ini juga akan mengontrol produksi sebum. Untuk menggunakannya, tambahkan cuka pada licorice kering, kemudian cucilah rambutmu dengan ramuan ini seperti biasa.

Sampo serporo

Sampo serporo merupakan sampo yang terbuat dari campuran sage kering dan rosemary dengan air. Setelah itu diamkan selama 24 jam. Nah, sebelum dipakai tambahkan thyme yang berfungsi sebagai disinfektan dan peterseli yang memiliki manfaat obat. Gunakan sampo alami ini untuk penggunaan sehari-hari.

Cuka dengan sari apel

Tak hanya untuk diminum, sari apel juga bisa kamu manfaatkan untuk membasmi ketombe. Caranya adalah dengan hangatkan cuka. Setelah itu keramaslah dengan cuka dan sari apel setelahnya. Terakhir, keramaslah dengan sampo seperti biasa.

Teatree

Teatree mengandung zat aktif yang disebut dengan terpenes. Zat ini akan menembus lapisan dalam kulit kepala dan membersihkanhya. Kamu bisa mencampur teatree dengan sampo biasa agar kamu tidak berketombe.

Chamomile

Chamomile merupakan bahan alami pembasmi jamur karena mengandung bisabolol atau zat yang mengobati lapisan lemak yang membuatnya tahan terhadap berbagai macam infeksi. Hal inilah yang bisa mematikan penyebab ketombe. Sebelum digunakan, rendam dahulu bunga chamomile kering kemudian keramaslah seperti biasa.

Selain menggunakan bahan alami di atas, kamu juga harus memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Hindari makanan tinggi lemak agar kamu tidak berketombe.

Sumber : merdeka.com