HATI-HATI!! Jangan cuci motor anda ketika mesin masih panas!! Bantu Share ya!

Ada kebiasaan buruk yang tanpa disadari kerap dilakukan para pemilik sepeda motor, yakni mencuci dalam kondisi mesin serta komponen lainnya masih panas.

Perilaku ini dilakukan biasanya karena ingin cepat. Padahal kebiasaan tersebut bisa menimbulkan kerusakan fatal pada komponen sepeda motor.

Pipa besi atau bagian logam pada komponen motor dan air dingin saat akan mencuci merupakan dua hal yang bertentangan.

HATI-HATI!! Jangan cuci motor anda ketika mesin masih panas!! Bantu Share ya!


Ketika besi panas langsung terkena air dingin terjadi perubahan suhu yang drastis, hal ini memberikan dampak yang sangat buruk.

Hukum fisika menyebutkan saat terjadi perubahan suhu yang secara mendadak bisa membuat terjadinya perubahan, dalam kasus ini besi atau logam yang rusak, papar Ade Rochman, ketika dihubungi Otomania, Rabu (13/1/2016).

Menurut Ade, dampaknya memang tidak langsung tapi ketika hal ini dilakukan berulang-ulang.

Kasus yang pernah terjadi blok mesin menjadi retak saat tiba-tiba diguyur dengan air ketika kondisi masih sangat panas, kata Ade Rochman yang menjabat Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM) .

Paling mudah melihat komponen di motor yang lebih cepat rusak akibat mencuci saat kondisi masih panas adalah bagian pipa knalpot.

Selain besi yang bisa menguning, untuk model krome juga bisa membuatnya terkelupas. Dampak buruk lain yang bisa ditimbulkan adalah timbul bercak yang menjadi noda di sekitar mesin.

Hal ini terjadi karena kandungan diterjen pada sabun mengering saat melekat ke bidang yang panas.

Via : Otomania.com