loading...

Jangan Salah Loh, "Umur 30" Saja Sudah Bisa "Menopause"! Kalau Kamu Memiliki "Tanda-tanda Ini", Berarti Kamu Sudah Harus "Hati-hati"Dari Sekarang!!!

Setiap wanita pasti akan mengalami menopause. Menopause adalah masa berhentinya menstruasi yang biasanya dialami oleh wanita, umumnya usia 45-50 tahun. Menopause merupakan bagian dalam fase atau siklus kehidupan seorang wanita ketika masa kesuburan dan masa reproduksi mengalami penurunan hormonal. Menopause sering dikhawatirkan perempuan dewasa. Sebab menopause bisa mengakibatkan perempuan berkeringat di malam hari, kecemasan, serta gangguan kesehatan lainnya.

Jangan Salah Loh, "Umur 30" Saja Sudah Bisa "Menopause"! Kalau Kamu Memiliki "Tanda-tanda Ini", Berarti Kamu Sudah Harus "Hati-hati"Dari Sekarang!!!


Meskipun merupakan kondisi normal, menopause bisa datang lebih cepat akibat pengaruh dari kondisi kesehatan. Berikut ini adalah tanda-tanda wanita akan memasuki masa menopause:

Perubahan pada periode menstruasi, siklus haid tidak teratur. Berat badan naik, lemak pada tubuh meningkat terutama dibagian pinggang.
  1. Vagina mengering dan lebih mudah mengalami vaginitis (infeksi atau inflamasi yang terjadi pada vagina)
  2. Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
  3. Emosi tidak stabil. Mudah depresi, stres, atau cemas berlebihan.
  4. Jantung mudah berdebar-debar.
  5. Insomnia atau susah tidur
  6. Gampang pusing atau kesemutan.

Cara Mencegah Menopause Dini Dengan Cara Alami:

Hindari makanan yang serba instan atau siap saji

Umumnya makanan seperti ini mengandung kolestrol tinggi, tidak mengandung nilai gizi yang seimbang dan menurunkan kebugaran.

Terapkan pola hidup sehat

Terapkan gaya hidup yang sehat dengan menghindari kopi, alkohol, dan rokok.

Olahraga teratur

Olahraga yang teratur dapat memperlancar peredaran darah dan menguatkan tulang. Sambil berolahraga, kamu juga dapat memperoleh manfaat sinar matahari untuk menjaga kesehatan tulang.

Pola makan yang seimbang

Perbanyak konsumsi sayur, buah dan makanan yang mengandung kalsium, fiber dan vitamin D untuk meningkatkan kekuatan tulang.


Sumber: Cerpen