INILAH CARA MENGHILANGKAN KERAK PANCIMU YANG GOSONG, DIJAMIN RONTOK SEMUA DAN TERLIHAT SEPERTI BARU LAGI!!

Walau kelihatannya tidak penting, tapi panci gosong itu merusak pemandangan. Mengganti dengan yang baru bukan solusi, karena panci gosong sebenarnya masih layak pakai. Asalkan tahu cara membersihkan panci gosong, panci akan terlihat kembali kinclong. Kecelakaan saat memasak bisa terjadi kapan saja. Misalnya, lupa saat sedang memasak atau menghangatkan sayur. Alhasil, sayur menjadi gosong dan meninggalkan jejak kerak di panci. Sayurnya mungkin bisa dibikin lagi dalam waktu singkat. Tapi, panci yang gosong lumayan susah dibersihkan.

INILAH CARA MENGHILANGKAN KERAK PANCIMU YANG GOSONG, DIJAMIN RONTOK SEMUA DAN TERLIHAT SEPERTI BARU LAGI!!


tidak usah bingung! Berikut ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk membersihkan panci gosong.

1. Siram Cuka
Cuka memiliki kandungan asam asetat yang dapat bekerja dengan baik ketika digunakan membersihkan panci gosong.

Langkah :
  • Siapkan panci yang gosong.
  • Rebus Air hingga hampir penuh sampai bibir panci.
  • Tuangkan sekitar setengah mangkuk cuka putih.
  • Biarkan selama lima menit setelah mendidih, lebih lama lebih bagus, sekitar 15 menit.
  • Setelah 15 menit diamkan hingga dingin.
  • Bilas dengan siram, lalu sikat sedikit untuk membersihkannya!
  • Panci yang sama seperti yang baru.

2. Taburkan Baking Soda
Baking soda juga terbukti ampuh membersihkan kerak gosong pada panci. Taburkan saja baking soda langsung di panci yang gosong, diamkan dulu, baru kemudian cuci dengan spons dan sabun hingga bersih.

3. Rendam Air Panas dan Sabun Pencuci Piring
rendam panci gosong dengan air panas dan sabun pencuci piring. Campuran ini akan membuat kerak gosong yang menempel pada panci lebih lembek dan mudah dibersihkan. Semakin lama proses merendamnya, semakin banyak pula sisa kerak goong yang terangkat dengan sendirinya, dan semakin sedikit tenaga yang harus dikeluarkan untuk menggosok. Jika air panas sudah dingin sementara kerak gosongnya belum terangkat, ganti dengan air panas yang baru.

4. Oleskan Minyak Sayur
Minyak sayur juga bisa membantu melunakkan kerak gosong pada panci. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak sayur secara merata pada panci yang gosong, diamkan selama beberapa saat, kemudian gosok dengan spons dan sabun hingga bersih.

5. Buat Pasta Pembersih Sendiri
cara ini bisa dicoba jika panci gosongnya cukup parah. Campur baking soda dengan cuka, lalu tambahkan air perasan jeruk lemon secukupnya hingga menjadi pasta kental. Pastikan pasta tidak terlalu encer. Oleskan pasta pembersih tadi pada bagian panci yang gosong. Diamkan beberapa menit, kemudian isi panci dengan air. Panaskan air 10-15 menit, lalu matikan kompor dan biarkan seharian. Saat memanaskan air boleh juga mengaduk-aduk sambil sedikit-sedikit menggosok bagian kerak pada dasar panci ataupun wajan dengan menggunakan pengaduk tumpul yang tidak merusak permukaan panci. Setelah kerak gosong terangkat, cuci dengan spons dan sabun hingga bersih. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.