Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat dengan Baking Soda, Jeruk Nipis dan Bahan Tradisional lainnya

Gigi kuning atau tidak berwarna putih cerah saat tersenyum? Nah, baiknya belajar cara memutihkan gigi secara alami dan cepat, berikut ini akan memberikan anda saran dan tips bahan tradisional yang baik dan aman digunakan, seperti baking soda, jeruk nipis dan herbal lainnya yang terbukti dapat memutihkan gigi kuning dengan baik. Walau sebagian ada yang hasilnya tak instan, tapi jika dilakukan terus menerus akan didapakan gigi yang putih bersinar dan mampu bertahan dalam jangka waktu lama.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat dengan Baking Soda, Jeruk Nipis dan Bahan Tradisional lainnya


Sebelum masuk pada pembahasan inti, ada baiknya Caraspotter tau apa dan bagaimana sifat gigi sebenarnya. Jadi, gigi adalah merupakan bagian yang keres yang terdapat dalam mulut yang kebanyakan dimiliki oleh makhluk vertebrata. Dan dalam satu mulut, bentuk gigi beragam, mulai dari gigi graham, susu, dan gigi depan yang merupakan bagian yang paling banyak dipermasalahkan orang, terutama wanita, dalam menjaga penampilan mereka. Tapi yang paling penting dari semua itu sebenarnya pada fungsinya, yakni untuk memotong, merobek dan menghancurkan makanan.

Dalam gigi juga terdapat beberapa bagian, di antaranya akar gigi yang membuatnya tetap hidup, lalu gusi yang menjadi penopanganya, email gigi yang berfungsi melindungi dan mencegah gigi berlubang, serta leher gigi / kolum yang ada dalam gusi, pulpa (rongga gigi) dan dentin (tulang gigi yang didalamnya terdapat saraf dan juga pembuluh darah). Selain itu, pada bentuk gigi juga dapat mengidentifikasi jenis dari makhluk, yakni pada herbivora memiliki banyak gigi graham, dan pada karnivora umumnya giginya bertaring. Dan beikut pejelasan panjang soal penaganan gigi kuning:
Tips Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat dengan Bahan Tradisional

Dalam cara membuat gigi putih maka tidak hanya diperlukan treatment langsung pada giginya, tapi juga pada bagian-bagiannya yang menjadi penyebab sehingga warnanya tidak cerah. Bagian seperti sela gigi dan asupannya juga perlu diperhatikan. Dan salah satu kebiasaan yang wajib dihindari untuk mendapatkan gigi yang putih berseri adalah dengan tidak atau mengurangi aktifitas merokok dan ngopi, karena keduanya memiliki kandungan yang dapat meninggalkan bekas pada gigi. Nah, ada beberapa jenis tindakan yang bisa kita lakukan untuk ini:

A. Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Baking Soda dan Jeruk Nipis

Banyak sekali hambatan yang dialmi bagi orang yang mengalami  masalah pada warna giginya, baik itu yang tampak kecoklatan maupun yang memang warnanya tampak kuning. Di antara yang paling menganggu adalah saat ingin mengadakan pertemuan dengan seseorang atau pun pada acara meeting tertentu yang butuh banyak bicara dan senyum.

Bahan yang disebutkan di atas adalah bahan pembersih yang sudah sangat masyhur dan paling banyak digunakan, yakni Baking Soda atau baking powder. Pertanyaannya, mengapa harus  bahan ini? Ya, karena dalam kandungan baking soda ia akan bekerja layaknya scrub yang dapat mengangkat lapisan halus sekalipun pada gigi yang kuning. Selain itu, fungsinya jika digunakan bersamaan dengan lemon adalah sebagai pengikat dan penyeimbang dari zat asam pada cairan jeruk sehingga tak menyebabkan kerusakan pada gigi.

Nah berikut langkah-langkah penggunaan bahannya dalam cara memutihkan gigi secara cepat dengan jeruk dan baking soda sebagaimana dilansir dari Health Site. 

  1. Pertama kali dilakukan adalah dengan mencampur cairan lemon sebanyak kurang lebih 1 sendok makan bersama dengan baking soda secukupnya. Aduk sampai rata hingga hasilnya seperti pasta. Jika keenceran maka tambahkan lagi sedikit soda kue/baking soda.
  2. Berikutnya, langsung oleskan saja pada gigi yang tampak kuning. Jika tak mau repot gunakan sikat gigi saja agar penerapannya merata.
  3. Dan untuk hasil yang lebih baik diamkan kurang lebih 1 menit saja, jangan terlalu lama.
  4. Terakhir, tinggal bersihkan gigi dengan disikat agak lembut lalu berkumur-kumur seperti biasa.

Karena ini adalah cara cepat dalam membersihkan gigi maka hasilnya bisa langsung dibuktikan dengan kertas pengukur kadar keputihan gigi yang banyak dijual di apotik atau di klinik kesehatan gigi.

Jika tak punya cairan lemon bisa juga dengan air biasa saja. Tapi, bila tidak menggunakan lemon tentunya hasilnya tidak akan maksimal seperti kalau menggunakan cara di atas.
B. Bahan alami lainnya:

Beberapa yang direkomendasikan di bawah adalah jenis bahan herbal yang sudah banyak digunakan sehingga lebih aman.

1. Siwak

Subehanallah! Ternyata bahan pembersih gigi alami yang direkomendasikan oleh Nabi ini jauh lebih lengkap kandungan senyawa kimianya dari penggunaan pasta gigi. Bahkan siwak mampu bekerja ganda sebagai sikat sekaligus pastanya.

2. Pasta strowberi

Secara kasat mata kita semua tau kalau buah stroberi itu asam. Tapi secara medis mungkin belum semua tau kalau ini adalah salah satu cara memutihkan gigi secara alami. Ya, dengan mengaplikasikannya dalam bentuk pasta maka ia bisa digunakan sebagai penghilang plak dan noda pada gigi yang merupakan penyebab gigi kuning.

Adapun cara membuatnya:

  • Lumatkan 2 buah strowberi dalam mangkuk kecil
  • Tambahkan kurang lebih setengah sdt soda kue, lalu campur hingga membentuk pasta.
  • Kemudian gunakan sebagai pasta gigi dengan bantuan sikat gigi seperti biasa.

Gunakan cara ini beberapa kali saja dalam seminggu agar asam dari buah stroberi tidak merusak gigi. Dan bila ingin lebih aman maka sebaiknya gunakan secara bersamaan dengan pasta gigi ber-flourida karena bahan ini dapat mengikat asam sitrat dan asam silat dalam buah tersebut sehingga tidak mengakibatkan enamel gigi terkikis.

3. Cuka Apel

Sari dari cuka apel juga salah satu yang biasa digunakan untuk memutihkan gigi. Kandungan asam dalam cuka ini akan bekerja mengangkat noda yang telah lama menempel pada permukaan gigi sehingga akan tampak lebih bersih. Tapi, dibanding dengan sebelumnya, bahan ini tergolong tidak cepat hasilnya, harus dilakukan bertahap dan terus menerus.

– Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan ½ sendok teh soda kue pada 2 sendok teh air cuka apel. Aduk hingga rata dan tampak seperti pasta.

Gunakan bahan di atas sebagai selingan penggunaan pasta gigi biasa. Lakukan beberapa kali saja dalam seminggu.

Selain sebagai pasta, cuka apel juga bisa digunakan sebagai campuran air kumur untuk perawatan mulut harian.

4. Minyak zaitun atau minyak wijen

Mungkin Anda masih bingung mau diapakan minyak tersebut dalam cara memutihkan gigi secara alami ini. Ya, minyak tersebut di gunakan untuk berkumur.

Di dunia barat cara ini disebut dengan istilah oil pulling, yakni berkumur menggunakan minyak untuk tujuan pencegahan pada gigi berlubang dan berwarna yang disebabkan bakteri yang lama menempel pada gigi. Kandungan dalam minyak tersebut yang berupa lipid akan bekerja baik menyerap toksin dalam mulut yang mana ini bekerja bersama air liur yang menariknya keluar.

Adapun tipsnya:

  • Ambillah satu atau dua esndok makan minyak zaitun atau wijen lalu masukkan dalam mulut yang kemudian dikumur-kumur. Lakukan ini selama kamu bisa, antara 20 hingga 30 menit.
  • Selanjutnya, keluarkan minyak hasil kumurnya lalu berkumur lagi menggunakan air yang hangat
  • Lakukan cara ini beberapa kali saja dalam seminggu dan jangan tiap hari.
  • Bila tidak punya dua jenis minyak di atas maka bisa menggunakan alternatif minyak kelapa kelapa. Bahkan bahan ini lebih banyak digunakan kaena mudah didapat, rasanya tidak terlalu aneh, serta di dalamnya mengandung vitamin E dan anti oksidan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut.

5. Makan buah dan sayur mentah

Sebagaimana dilansir dalam situs MensHealth yang mana diungkapkan langsung oleh dr. Glosman bahwa makan makanan seperti wortel mentah, apple, atau kacang-kacangan dapat menjaga gigi tetap bersih yang mana daging buah yang dikunya tersebut akan bekerja menghilangkan lapisan tipis dari kotoran yang menempel pada permukaan gigi , termasuk di dalamnya plak dan noda lainnya yang menjadi pemicu gigi jadi kuning dan tidak putih bersih.

Dalam blog lain dibahasakan lain soal ini, yakni dengan makan buah dan syur yang renyah apa saja jenisnya, seperti jambu dan lainnya. Fungsinya tak lain sebagai pembersih alami gigi.

6. Dengan kulit jeruk nipis

Perlu diluruskan dulu kalau sebenarnya yang dimaksud di sini kulit jeruk lemon karena inilah yang banyak dishare di situs kesehatan luar negeri.

Walau kelihatan tak bermanfaat ternyat akulit jeruk bisa dijadikan sebagai bahan untuk memutihkan gigi. Tapi, jangan salah, bagian yang digunakan adalah bagian dalamnya saja dan bukan yang bagian luarnya karena pasti akan terasa pahit.

Dalam blog Drexe juga diungkapkan bahwa kulit jeruk menjadi salah satu bahan yang baik dijadikan sebagai pemutih karena kandungan vitmain dan asam yang ada padanya. Walu begitu, penggunaan ini tidak bisa terlalu sering digunakan karena asam jelas tidka baik pada lapisan enamel gigi. Untuk itu, disarankan setelah penggunaannya untuk langsung berkumur. Akan lebih baik lagi kalau dengan cairan yang mengandung Hidrogen Peroksida karena baik untuk kesegaran nafas dan membunuh bakteri penyebab plak.

7. Cara membersihkan gigi dengan kulit pisang

Kandungan dari kulit pisang berupa asam sitrat dan salisilat dipercaya sangat baik digunakan dalam cara memutihkan gigi secara alami.

Adapun cara menggunakna bahan tradisional ini adalah dengan cara menggosokkan bagian dalam kulit pisang matang yang telah dikomsumsi dagingnya. Cara ini dilakukan selama kurang lebih 2 menit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal coba lakukan ini selama kurang lebih seminggu. Karena dibanding dengan kulit jeruk, kulit pisang jauh lebih aman karena tidak merusak enamel dari gigi.

Tapi ingat, selalu biasakan berkumur setelah mencoba pemutih gigi alami jenis apa saja untuk menghindari efek yang tidak baik dari zat yang ada di dalamnya. Atau bisa juga dengan menyikat gigi seperti biasa.

C. Faktor Pendukung yang Dapat Memutihkan Gigi

Selain jenis bahan tradisional yang disebutkan di atas, senyawa kimia yang ada dalam bahan atau produk pembersih gigi juga perlu diperhatikan. Maksudnya, dengan membeli pasta gigi yang kandungannya memang terbukti baik dalam mengurangi warna gigi kuning. Jangan malah yang hanya memiliki fungsi tunggal, seperti menghilangkan ngilu, memberi kesegaran dan lainnya. Dan diantara tipsnya untuk ini adalah:

a. Pemilihan pasta gigi yang tepat

Dari sekain banyak bahan herbal alami yang direkomendasikan untuk memutihkan gigi pada dasarnya hanya untuk penggunaan dalam jangka waktu tertentu saja dan tidak bisa untuk jangka panjang dan terus menerus. Kalaupun bisa, akan sulit menyediakan bahannya setiap saat. Berbeda dengan pasta gigi, karena setiap hari kita pakai dalam membantu menghilangkan plak (plaque) dan juga sisa makanan. Itu sebabnya memilih produk yang tepat adalah cara paling efektif dalam cara memutihkan gigi dengan bertahap. Beberapa diantaranya adalah:

1. Bahan abrasif ringan

Umumnya pasta gigi yang punya khasiat memutihkan gigi secara alami mengandung bahan abrasif yang ringan. Di antara bahan senyawa kimia yang termasuk dalam kategori  abrasif tersebut adalah seperti aluminium oksida hidrat, magnesium karbonat, dan juga kalsium karbonat.

Jika membeli pasta gigi dan salah satu bahan atau semua yang disebutkan di atas ada di dalamnya, maka ia bisa dijadikan sebagai pilihan untuk membersihkan gigi. Ini karena bahan-bahan tersebut memang dikenal baik dalam membersihkan noda di permukaan gigi yang umumnya menjadi penyebab gigi kuning dan tidak bersih.

Selain yang disebut di atas, hidrogen peroksida juga menjadi rekomendasi ahli dalam memilih produk pembersih karena memiliki manfaat yang sama dalam membersihkan noda dan memutihkan permukaan gigi.

Catatan : Bahan senyawa kimia yang disebutkan di atas di antaranya dapat menyebabkan efek berupa sensitivitas, seperti pada hidrogen peroksida. Nah, untuk menyiasatinya baiknya gunakan jenis pasta gigi untuk pembersih dan khusus pemutih secara bergantian setiap hari agar tak ada efek samping yang dialami.

2. Flourida

Ini merupakan salah satu bentuk mineral alami yang terdapat dalam air. Dengan menggunakan pasta gigi yang dilengkapi dengan flourida maka kita sudah berusaha melakukan langkah pencegahan terhadap bakteri yang dapat merusak gigi serta juga untuk memperkuat bagian enamel gigi. Walau tak secara langsung untuk keperluan pemutihan, tapi fungsi dalam menghilangkan plaque / plak tipis pada permukaan gigi juga sudah menjadi solusi untuk masalah gigi kuning tersebut.

3. Ekstrak herbal

Beberapa yang juga baik digunakan dalam cara memutihkan gigi dengan cepat tapi tetap alami adalah yang mengandung bahan-bahan ekstrak seperti  ekstrak pepaya dan ekstrak teh hijau. Keduanya sudah direkomendasikan beberapa situs untuk digunakan, termasuk di dalamnya Wikihow dalam versi Inggris dan Indonesianya.

b. Tindakan dalam Menyikat Gigi

Untuk usaha menghilangkan gigi kuning bukan hanya diperlukan bahannya saja, tapi dalam menerapkan bahan-bahan tersebut juga harus tepat, dalam hal ini sikat gigi yang digunakan.

Di pasaran sudah banyak sekali yang menerapkan konsep ini, misalnya yang menggunakan bulu silang sehingga lebih ampuh mengangkat noda dan sebagainya. Tapi di antara yang direkomendasikan adalah yang memiliki bulu padat dan lembut. Selain efektif dalam membersihkan juga aman buat email gigi. Selain itu, ada beberapa yang juga perlu diperhatikan dalam bagian ini, yaitu:

1. Usahakan mengganti sikat gigi minimal 3 bulan sekali. Karena sikat gigi yang sudah sering digunakan permukaan sikatnya akan lemas dan tidak kuat lagi sehingga kekuatannya dalam membersihkan dan mengangkat sisa makanan akan semakin tidak masksimal. Untuk itu, sebaiknya gunakan yang baru agar noda tidak semakin sulit dibersihkan dan membuat warna gigi berubah kekuning-kuningan.

2. Pastikan tidak menggunakan atau meminjamkan sikat gigi pada orang lain karena selain dapat menjadi alat penyebaran penyakit, juga bisa menggabungkan bakteri dari mulut lain dengan yang sudah ada dimulut Anda yang mana nantinya akan semakin sulit dibasmi.

3. Lakukan penyikatan minimal 2 kali sehari dengan posisi 45 derajat antara pegangan tangan dan sikat yang menempel.

4. Dalam penggunaan sikat gigi sebaiknya tekniknya dibuat beragam, mulai dari gerakan maju mundur, berputar dan dari atas ke bawah. Terutama pada bagian depan perlu sekali diterapkan tiga cara tersebut agar noda disela-selanya juga terangkat.

5. Luangkan waktu minimal 2 menit setiap kali menyikat gigi. Kebanyakan orang hanya melakukan seadanya padahal untuk cara memutihkan gigi secara alami akan lebih baik jika dilakukan pelan-pelan dan bertahap.

c. Penggunaan benang gigi

Ini salah satu tindakan perawatan gigi yang banyak diabaikan,. Padahal walau bagian permukaan tengah dari gigi bersih kalau pinggir dan selanya tidak, tetap saja akan memberikan efek tidak bersih pada gigi. Ini karena warna yang ada disekitarnya akan mempengaruhi kecerahan gigi secara keseluruhan. Nah, beberapa saran untuk ini adalah :

Sebaiknya gunakan benang gigi yang berbahan alami dan organik yang dijual di apotik. Ini karena ada juga beberapa yang menggunakan pemanis buatan untuk produknya. Atau kalau mau lebih baik bisa pakai yang mengandung flourida tapi harganya pasti lebih mahal. Yang jelas, kalau mau aman pakai yang ada izin depkesnya saja.

Perhatikan teknik menggunakan benang gigi berikut ini:

Pada dasarnya ini digunakan sebagai pelengkap setelah menggunakan sikat gigi karena ada bagian-bagian terdalam dalam sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh bulu sikat. Jika ini tidak dilakukan maka lama kelamaan kotoran yang ada disela-sela gigi tersebut akan menjadi plak dan akhirnya bisa merusak warna gigi dan yang lebih parah  akan lagi membuat gigi berlubang. Dan beikut cara penggunaannya:

Ambil kurang lebih 50 cm saja benang gigi yang akan digunakan lalu lilitkan di jari tengah, dan sisanya juga dililitkan di jari tengah juga. Adapun ibu jari dan telunjuk bertugas menahan puntirannya.
Lalu tarik bergantian antara jari tengah kanan dan kiri sehingga terasa menggesek sela gigi. Tapi lakukan dengan lembut dan jangan sampai kena gusi.
Lakukan gerak naik tutun yang berbentuk huruf C antara jari kiri dan kanan. Lakukan tindakan semacam ini hingga pada semua sela gigi sebagai salah satu cara memutihkan gigi secara alami khusus pada bagian yang sulit dijangkau sikat.

Sebaiknya benang gigi yang sudah terpakai dibuang saja dan khusus buat anak di bawah 10 tahun agar penggunaannya diawasi atau dibantu oleh orang tua.

d. Pembersihan gigi secara berkala

Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa membersihkan gigi sebaiknya minimal 6 bulan sekali. Kalau Anda memang mau serius dalam cara memutihkan gigi secara alami dengan treatment maka jangan pernah mengabaikan ini. Karena walau sudah melakukan semua langkah di atas, seperti menyikat dengan baik, menggunakan benang gigi dan sebagainya, tetap saja yang namanya plak dan lapisan kuning tipis pada gigi sulit dihindari. Nah, jalan satu-satunya adalah dengan menggunakan mesin pembersih dari dokter gigi.

Biasanya dokter akan memeriksa dulu apakah gigimu mengalami masalah gusi. Bila tidak, barulah akan dilakukan pembersihan dengan alat.

Setelah selesai biasanya akan diberikan cairan yang berfungsi melindungi email gigi dan mencegah plak muncul kembali. Tapi walau begitu, 6 bulan selanjutnya tetap harus berkunjung kembali.

e. Konsultasi ke dokter

Banyak orang yang lebih senang gratisan sehingga terkadang malas datang ke ahlinya. Padahal, menurut hemat Caraspot sendiri, ini sebenarnya langkah yang paling pertama harus ditempuh dalam cara memutihkan gigi dengan cepat. Mengapa demikian? Ya, karena umumnya dokter akan tahu produk-oroduk apa saja yang baik digunakan untuk memutihkan gigi. Bahkan lebih dari itu, mereka juga tau apa saja efek sampingnya dan mana produk yang paling banyak berhasil digunakan oleh pasiennya.

Harus diketahui juga bahwa tidak semua jenis gigi bisa diputihkan, karena ada sebagian jenis gigi malah sama sekali tidak akan mempan walau menggunakna pemutih terbaik sekalipun, di antaranya adalah gigi yang berwarna kecoklatan atau abu abu. Dan untuk ini mungkin perlu alternatif lain seperti veneer porselen atau dental bonding.

f. Hindari bahan yang banyak pro dan kontranya

Saya juga punya pengalaman dari teman satu pondok dulu. Ia sering menggunakan buhan pinang yang telah dibakar hingga gosong lalu dihancurkan. Padahal, bahan ini sebenarnya kurang lebih sama dengan arang yang mana sebagian pakar menyarankan untuk menghindarinya karena dapat menyebabkan gusi menghitam.

Selain itu, obat pemutih gigi yang banyak dijajakan kaki lima yang sampai-sampai mengambil contoh dari silet untuk dibersihkan dan berhasil, maka sebaiknya dihindari juga karena kebanyakan tak menggunakan izin dari pengawas obat dan makanan. Disamping itu, senyawa kimia yang digunakan kurang jelas jenisnya.

g. Membersihkan lidah

Dr. Glassman mengungkapkan bahwa aktifitas membersihkan gigi juga harus rutin dilakukan saat menggosok gigi karena ini dapat menghindari bersarangnya bakteri di mulut yang notabenenya menjadi penyebab plak dan noda kuning yang sulit dihilangkan.

Ilmu soal membersihkan lidah dalam ajaran Islam bukanlah hal yang baru, di masa Nabi ini juga diajarkan oleh beliau yang mana Nabi sendiri mencontohkan setiap kali menggunakan siwak juga selalu membersihkan lidahnya dengan ujung siwak yang digunakan.

h. Rutin menggunakan obat kumur

Penulis pribadi jarang menerapkan cara ini, padahal dengan rutin menggunakannya kesehatan mulut dan gusi bisa terjaga, termasuk juga membunuh bakteri yang bisa menyebabkan radang dan menyegarkan nafas, serta yang paling penting adalah untuk mengurangi plak yang menjadi penyebab gigi berlubang dan berwarna kekuning-kuningan.

Bila ingin membeli obat kumur di apotok, maka baiknya periksa dulu komposisi obatnya. Pastikan bahan sodium lauryl sulfate (SLS) tidak tercantum di dalamnya. SLS ini merupakan detergen artifisial yang bisa mengakibatkan sensitivitas dan nanah di dalam mulut. Akan lebih bagus kalau memilih yang mengandung pengemulsi alami seperti sodium bikarbonat (soda kue), atau sodium klorida (garam) dan minyak sayur.

Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan dalam cara memutihkan gigi secara alami di atas, baiknya langsung bertanya saja semoga pengunjung setia Caraspot lainnya bisa memberikan bantuannya secara sukarela. Dan pada dasarnya kebutuhan soal perawatan gigi seperti ini sangat diperlukan, sama halnya untuk memutihkan ketiak, selangkangan dan lainnya juga diperlukan sebagai perawatan rutin pada kecantikan tubuh kita.