Bunda Jangan Khawatir Hamil Di atas 35 Tahun Berikut Penjelasan Ilmiahnya

Memiliki bayi setelah 35 tahun ke atas, tentu menjadi ketakutan tersendiri bagi setiap wanita.

Bunda Jangan Khawatir Hamil Di atas 35 Tahun Berikut Penjelasan Ilmiahnya


Sebuah studi baru menemukan bahwa wanita yang memiliki bayi setelah 35 tahun ke atas justru secara mental akan lebih baik dikemudian hari.

"Temuan baru ini mungkin merupakan kabar baik bagi para perempuan profesional yang berencana untuk memiliki keluarga di kemudian hari," kata penulis utama studi, Dr. Roksana Karim, seperti dilansir laman Today, Selasa (3/1).

Untuk mengeksplorasi efek kehamilan di usia pertengahan terhadap kesehatan otak, Karim dan rekan-rekannya menganalisis dua uji klinis, yang dirancang menguji dampak suplemen kedelai dan estrogen pada wanita yang lebih tua.

Para peneliti kemudian mengumpulkan informasi tentang riwayat reproduksi dan juga mengevaluasi data kognisi pada 830 wanita, usia 41 tahun-92 tahun.

Bukan hanya kehamilan di usia pertengahan bermanfaat bagi otak wanita. Para peneliti juga menemukan bahwa mengonsumsi pil
KB selama lebih dari 10 tahun dikaitkan dengan memori verbal yang lebih baik dan kemampuan berpikir kritis di usia tua.

"Alasannya mungkin bahwa kontrasepsi oral mempertahankan tingkat yang stabil dari hormon seks," kata Karim.

Studi ini adalah sebuah asosiasi dan tidak membuktikan sebab-akibat langsung, sehingga perempuan tidak harus dengan sengaja menunda kehamilan dengan berpikir bahwa itu akan melindungi kognisi mereka.

Salah satu alasannyan adalah bahwa kesuburan turun secara signifikan setelah 35 tahun.

"Namun ini adalah salah satu temuan yang menuju ke arah positif," kata Dr. Hygriv Simhan, seorang profesor di University of Pittsburgh Medical Center.

Ada kemungkinan bahwa beberapa faktor yang tidak diketahui mungkin menjelaskan temuan ini.

Bahwa wanita reproduktif yang cukup sehat memiliki anak di kemudian hari mungkin memiliki otak yang menolak demensia atau masalah memori.