Ini dia Resep Bakso Ayam. Dengan Modal Ga Sampe Rp. 20.000 Bisa Menghasilkan 60 Sampai 70an Bakso! Cocok buat yang mau Usaha nih....

Trauma sama tempat penggilingan daging yang tidak hygiene bikin saya putar otak bund untuk bisa bikin bakso sendiri, dan akhirnya menemukan cara dan resep yang pas, simple dan cocok dikantong walau tanggal tua sekalipun (Hiiihiihiii jadi curhat deh…)

Ini dia Resep Bakso Ayam. Dengan Modal Ga Sampe Rp. 20.000 Bisa Menghasilkan 60 Sampai 70an Bakso! Cocok buat yang mau Usaha nih....


Modal ga sampe 20ribu,hasil bisa sampai 60-70an bakso kecil…

Bakso Ayam (Daging Bisa Diganti Sesuai Selera)

Bahan Bahan : Dada ayam 250 gram ambil bagian dagingnya cincang kasar. Telur 1 butir, Tepung kanji/sagu 5 sendok makan, Merica, garam secukupnya, Tepung agar-agar plain merk swalow 1 bungkus, Bawang putih 2 siung goreng, Es batu 8 balok kecil, Baking powder seujung sendok teh

Cara Membuat Bakso Ayam (Daging Bisa Diganti Sesuai Selera)

Haluskan daging, es batu, telur, merica, bawang putih goreng dan baking powder menggunakan chooper/blender (saya pakai blender). Setelah halus pindahkan ke dalam baskom, lalu beri tepung kanji/sagu dan tepung agar-agarnya, beri garam kira-kira saja

Aduk adonan hingga tercampur rata, lalu masukkan ke dalam kulkas kurang lebih selama 2-3 jam. Setelah itu didihkan air dalam panci, matikan kompor baru bentuk adonan dan masukkan ke dalam air panas (saya membentuk menggunakan 2 sendok)

Lakukan hingga habis, lalu rebus hingga bakso terapung. Angkat, tiriskan lalu siap dihidangkan bersama pelengkap.Selamat mencoba

Sumber : kompinikmat

7 Cara membuat bakso sendiri yang mudah, enak, dan sederhana

Makanan Indonesia yang tidak kalah terkenal dengan makanan luar negeri adalah bakso. Bulatan-bulatan daging yang biasa disebut pentol ini mempunyai banyak penggemar hingga mancanegara.

Mencontoh pada KBBI, bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi, udang, ikan yang dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk bulat-bulat.

Di Indonesia sendiri banyak macam bakso, ada yang terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, dan masih banyak lagi. Bahkan kini bakso tidak lagi hanya bulatan daging namun bisa diisi dengan macam-macam. Bisa diisi telur puyuh, telur ayam, cabai, sambal, sosis, hingga keju.

Tidak hanya isinya saja, bahkan cara penyajian bakso pun beraneka ragam, ada yang menggunakan kuah seperti biasa, ada yang dibakar, ada pula yang dipenyet dengan sambal.

Selain isi dan cara penyajian, bentuk dan ukuran bakso sangat bervariasi. Tidak hanya bulatan, banyak penjual bakso yang kemudian berinovasi ada yang kotak, berbentuk hati, hingga barbel. Memang deh, masyarakat Indonesia terlalu kreatif. Bakso bahkan menjadi makanan favorit mantan presiden Amerika, Barack Obama saat kecil tinggal di Indonesia.

Seperti makanan pinggir jalan lainnya, sejarah bakso masih menjadi misteri. Ada kemungkinan kuah dan mienya berasal dari Cina, namun pentolnya bisa saja berasal dari Belanda yang sempat menjajah Indonesia pada abad ke -19, isi bakso sisanya tidak diketahui.

Bakso pada umumnya terdiri dari kuah kaldu sapi, pentol, tahu, dan mie. Tapi berhubung semakin banyak inovasi bakso, banyak pula macam-macamnya. Cara membuat variasi bakso pun juga beraneka ragam dari cara membuat bakso urat hingga cara membuat bakso telur.

Sering kita jumpai pedagang kaki lima yang menjajakan bakso. Dikarenakan semakin ketatnya persaingan di antara pedagang, maka mereka pun berlomba-lomba mendapatkan profit tinggi. Demi mendapatkan pendapatan lebih, tidak sedikit yang kemudian memakai cara nakal. Berikut hal-hal nakal yang dilakukan oleh pedagang bakso.

Bahaya bakso dicampur boraks

Sempat geger adanya bakso yang dicampur dengan boraks dengan dalih agar lebih awet. Padahal boraks sendiri dapat menyebabkan kanker hati. Cara mengenali bakso yang menggunakan boraks mudah saja :

Bakso boraks mempunyai tekstur yang lebih kenyal. Bahkan jika Anda melemparkannya bakso tersebut bisa memantul dan tidak menempel pada lantai.

Jika Anda membeli bakso, biarkan pada tempat terbuka selama 3 hari, maka bakso tersebut masih awet, bahkan tidak ada lalat atau serangga lainnya yang hinggap atau bahkan hanya lewat di atasnya.

Bakso boraks cenderung lebih putih

Bakso boraks akan memiliki aroma yang tidak alami seperti bakso alami yang memiliki aroma daging yang khas.

Bahaya bakso tikus

Tidak hanya dengan dalih awet dengan menggunakan boraks, muncul juga bakso berbahan daging tikus dengan dalih agar mendapat untung yang lebih besar. Bakso tikus ini cenderung mudah pecah jika dibelah atau ditusuk dengan pisau. Baunya pun lebih amis. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati jika membeli bakso. Jika harganya murah atau miring, Anda patut curiga bahwa daging yang digunakan adalah daging tikus.

Nah, ngeri bukan jika ternyata bakso yang dijual di pinggir-pinggir jalan bahkan restoran ternyata menggunakan bahan yang membahayakan dan sudah pasti memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Daripada mengambil risiko memakan bakso yang tidak jelas asal-usul pembuatannya, lebih baik Anda membuat sendiri. Apakah Anda penasaran bagaimana cara membuat berbagai macam bakso? Cara membuat bakso mudah saja.

Sebelum memulai, Anda putuskan terlebih dahulu akan menggunakan daging apa. Apakah Anda akan membuat bakso menggunakan daging sapi, ayam, ikan, atau udang? Tapi tenang saja, di sini kami akan menyajikan kepada Anda cara membuat bakso menggunakan daging sapi, ayam, ikan, dan udang.

Cara membuat bakso sapi kenyal

Bahan pentol bakso:

Daging sapi kg, giling, Tepung kanji 50 g, Telur 1 butir, Lada bubuk sdt, Garam 1 sdt, Bawang putih 4 siung, haluskan, Es batu 40 g, hancurkan, Air 2 L

Cara membuat pentol bakso:

Masukkan daging sapi yang telah digiling ke dalam wadah, campurkan tepung kanji, telur, lada bubuk, garam dan bawang putih yang telah dihaluskan. Campur atau uleni dengan tangan atau bisa menggunakan alat sampai semua tercampur sempurna. Jika dirasa adonan masih lembek dan sulit dibentuk, maka bisa ditambahkan es batu secara perlahan sampai dirasa adonan bisa dibentuk.

Rebus air dalam panci sampai mendidih. Ambil adonan daging dengan tangan lalu bentuk bulat baik dengan kedua tangan atau dengan satu tangan ditekan hingga adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol. Masukkan adonan yang telah terbentuk ke dalam air panas. Lanjutkan hingga semua adonan habis. Jika pentol telah mengapung maka pentol telah matang. Angkat

Cara membuat bakso daging ayam

Bahan pentol : Daging ayam 1 kg, tanpa tulang, giling, Tepung kanji 50 g, Telur 1 butir, Lada bubuk sdt, Garam 1 sdt, Bawang putih 4 siung, haluskan, Bawang merah goreng 2 sdm, Es batu 40 g, hancurkan, Air 2 L

Cara membuat : Masukkan daging ayam yang telah digiling ke dalam wadah, campurkan tepung kanji, telur, lada bubuk, garam, bawang putih yang telah dihaluskan dan bawang merah goreng. Campur atau uleni dengan tangan atau bisa menggunakan alat sampai semua tercampur sempurna.

Jika dirasa adonan masih lembek dan sulit dibentuk, maka bisa ditambahkan es batu secara perlahan sampai dirasa adonan bisa dibentuk. Rebus air dalam panci sampai mendidih Ambil adonan daging dengan tangan lalu bentuk bulat baik dengan kedua tangan atau dengan satu tangan ditekan hingga adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol.

Masukkan adonan yang telah terbentuk ke dalam air panas. Lanjutkan hingga semua adonan habis. Jika pentol telah mengapung maka pentol telah matang. Angkat

Cara membuat bakso daging ikan

Bahan : Ikan tenggiri kg, bersihkan duri dan kulit, Bawang putih 4 siun, Tepung sagu 3 sdm, Putih telur ayam 2 butir, Gula 2 sdm, Garam 1 sdt, Merica bubuk 1 sdt, Es batu secukupnya, hancurkan, Air matang secukupnya

Cara membuat : Masukkan ikan ke dalam blender dengan bawang putih, putih telur, gula, garam, merica, dan es batu secukupnya. Blender hingga benar-benar halus.Tuang adonan yang telah diblender ke dalam wadah lalu masukkan tepung sagu perlahan sambil diuleni sampai tercampur rata. Rebus air dalam panci sampai mendidih Ambil adonan daging dengan tangan lalu bentuk bulat baik dengan kedua tangan atau dengan satu tangan ditekan hingga adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol. Masukkan adonan yang telah terbentuk ke dalam air panas. Lanjutkan hingga semua adonan habis. Jika pentol telah mengapung maka pentol telah matang. Angkat

Cara membuat kuah bakso yang enak dan sederhana

Bahan : Tulang sapi 200 g, Air 3 L, Bawang merah 5 siung, goreng dan haluskan, BAwang putih 7 siung, goreng dan haluskan, Kaldu sapi instan 2 sdt, Gula pasir 2 sdt, Garam 2 sdm, Merica 1 sdt, Daun bawang 4 batang, ambil bagian putihnya, iris.

Cara membuat : Masak air hingga mendidih, Masukkan semua bahan, aduk rata. Tunggu hingga mendidih lagi. Sekarang Anda telah mengantongi 3 cara membuat bakso dengan bahan dasar daging yang berbeda. Anda juga sudah bisa membuat kuahnya.

Sumber : Merdeka.com