Dipercaya Bisa Mengusir Anginan Rupanya Kerokan Malah Beresiko Bahaya Untuk Kesehatan!

Tak dapat dipungkiri, kerokan memang selalu digunakan untuk menghilangkan masuk angin. Sejak jaman dahulu, kerokan dipercaya bisa menghilangkan masuk angin.

Dipercaya Bisa Mengusir Anginan Rupanya Kerokan Malah Beresiko Bahaya Untuk Kesehatan!


Kerokan adalah salah satu pengobatan tradisional yang dilakukan untuk menyembuhkan masuk angin. Seperti koin, batu giok, gundu hingga jahe dan potongan bawang merah.

Selain menggunakan alat bantu tersebut kerokan juga membutuhkan beberapa cairan yang berfungsi melicinkan punggung.

Adapun cairan yang sering digunakan seperti minyak telon, minyak olive, minyak kelapa dan lotion.

Banyak yang mengatakan dengan mengerok badan dapat membuat tubuh menjadi lebih baik dan sehat. Namun jika kamu sudah terbiasa melakukan kerokan saat masuk angin, sebaiknya segera hindari.

Karena menurut medis, terlalu sering mengerok badan justru dapat menganggu kesehatan. Bukan hanya karena rasa sakit akibat kerokan, melainkan rasa sakit yang akan diderita dalam jangka panjang.

Berikut bahaya kerokan bagi kesehatan yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Memicu terkena stroke

Kerokan dapat membuka peredaran pembuluh darah. Apabila kebiasaan ini dilakukan terus-terusan maka akan membuat peredaran darah yang tadinya kecil juga ikut melebar. Sehingga pembuluh darah semakin melebar bahkan pecah. Dan akan beresiko terkena penyakit stroke.

2. Masuknya bakteri dan virus

Pada dasarnya dikerok menyebabkan pori-pori akan mengalami pelebaran. Hal ini karena adanya gesekan benda tumpul pada kulit. Gesekan tersebut dapat membuat masuknya berbagai virus dan bakteri yang masuk dalam tubuh.
Apalagi jika benda tumpul yang digunakan untuk mengerok tidak dalam kondisi yang steril.

3. Mengakibatkan kontraksi dini

Melakukan kerokan pada saat hamil dapat menimbulkan kontraksi dini. Dimana satu zat bernama Cytokines mampu melepas Prostaglandin yang menjadi pencetus kontraksi dini pada rahim.
Zat Cytokines tersebut muncul karena efek dari inflamasi setelah melakukan kerokan.

Untuk itu bagi ibu hamil sangat tidak disarankan untuk melakukan kerokan. Karena akan memunculkan kontraksi dini yang sangat merugikan kesehatan janin.

Nah itulah beberapa bahaya dari kerokan.Meski kerokan terbukti bisa menghilangkan masuk angin.Tapi sebaiknya jangan terlalu sering melakukannya.

Dilarsir dari sumber tribunnews