Wanita Wajib Baca!! Bahaya Tersembunyi Dari KB Implan, Ibu Ini Memberikan Peringatan

Ketika seseorang baru melahirkan anaknya tentu bagi sebagian orang tua telah merencanakan untuk mengikuti KB. Bagi Bunda yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan KB implan sebagai alat kontrasepsi, sebaiknya pikir dua kali. Seorang ibu bernama Kelly membagikan pengalamannya dan memperingatkan semua ibu lain akan bahaya KB implan.

Wanita Wajib Baca!! Bahaya Tersembunyi Dari KB Implan, Ibu Ini Memberikan Peringatan


Kelly King bercerita pengalamannya menggunakan KB implan merk Nexplanon yang berubah menjadi mimpi buruk.

Nexplanon adalah KB implan berbentuk tabung kecil tipis dan fleksibel seukuran 4cm. Jenis KB ini ditanamkan di bawah kulit lengan atas oleh dokter atau perawat. Dan biasanya efektif hingga 3 tahun untuk mencegah kehamilan.

Kelly membagikan pengalamannya dalam sebuah postingan Facebook:

Dia menulis:

Bagi kalian yang tertarik menggunakan KB implan nexplanon, jangan pernah melakukannya! Mereka tidak bisa mengeluarkannya dari lenganku.

Aku duduk di kursi sementara 3 orang dokter dan perawat menggali lenganku untuk mencari alat tersebut selama lebih dari satu jam. Setelah pemeriksaan sinar X, pencarian kembali dilakukan namun tetap tidak ketemu.

Kini, di lenganku masih tertanam KB implan, ditambah jahitan, bengkak, dan memar juga sebuah jadwal operasi untuk mengangkat kb implan tersebut.

Efek samping dari alat kontrasepsi ini, termasuk depresi dan perubahan mood yang sering terjadi. Aku peringatkan, jangan pernah menggunakan metode KB ini. 

lebih lanjut Kelly menyatakan, pengalamannya menjalani prosedur yang menyakitkan untuk mengangkat alat KB tersebut. Setelah hampir dua jam, dan dua sayatan di lengan, dengan melibatkan 3 orang dokter, alat kontrasepsi itu tidak berhasil juga ditemukan.

Menggunakan X-ray untuk menemukan lokasi KB Implan yang telah ditanam di lengan bagian bawah.

Setelah sembuh dari jahitan dan lengannya tidak lagi terasa sakit dan memar, Kelly pergi ke dokter kandungan. Yang kemudian mengangkat KB implan di lengan Kelly dengan panduan USG. Dokter tersebut mengangkatnya dalam waktu kurang dari 5 menit.

Kelly memperingatkan semua wanita yang ingin menggunakan KB implan untuk berhati-hati. Karena efek sampingnya yang sangat besar pada kondisi emosional perempuan, seperti yang dialami Kelly.

selain itu juga rawan berpindah tempat, dan susah dilacak saking kecilnya. Sehingga harus melalui jalan operasi untuk mengangkat alat KB itu. Postingan Kelly mendapat respon yang beragam, bahkan banyak orang yang mengaku mengalami peristiwa serupa dengan KB implan.

Bagaimana cara kerja alat kontrasepsi implan Nexplanon?

Sahabat medianda terkini nexplanon bekerja dengan cara menghentikan pelepasan sel telur dari indung telur, dengan cara melepaskan progest0gen secara perlahan ke dalam tubuh perempuan. Progest0gen mirip dengan hormon progester0n, yang dilepaskan oleh rahim selama masa menstruasi.

Efek pelepasan progest0gen secara terus menerus:
  1. Menghentikan proses 0vulasi, sehingga tidak ada sel telur yang dilepaskan indung telur setiap bulan.
  2. Menebalkan lendir di s3rv1ks (mulut rahim), membuat sp3rm4 susah masuk ke dalam rahim dan membuahi sel telur.
  3. Membuat dinding rahim lebih tipis sehingga tidak mampu menopang telur yang telah dibuahi untuk menempel dan bertumbuh kembang menjadi janin.

Keuntungan menggunakan KB implan
  1. Bekerja selama 3 tahun
  2. Bisa digunakan segera setelah melahirkan, ab0rs1, atau kegu*guran. Dan langsung melindungi dari kehamilan.
  3. Tidak menganggu saat hu*bungan badan
  4. Berguna bagi ibu yang tidak bisa menggunakan pil KB atau cincin vag1n4
  5. Tidak perlu minum pil setiap hari atau kontrol setiap tiga bulan sekali.
  6. Aman digunakan untuk ibu menyusui
  7. Kesuburan akan kembali normal saat alat implan diangkat dari lengan
  8. Memberi perlindungan dari penyakit pembengkakakn p3lvis juga kanker rahim
  9. Mengurangi sakit saat haid setelah setahun digunakan
  10. Bisa melakukan aktifitas normal setelah KB dipasang

Kekurangan KB implan

berikut ini adalah efek samping dari alat kontras3psi ini.
  1. Haid tidak teratur. 20% ibu yang menggunakan KB jenis implan tidak mengalami haid, dan hampir dari 50% mengalami haid tidak teratur atau haid terlalu lama. Pola ini akan kembali normal setelah setahun.
  2. Sakit kepala
  3. Jerawat
  4. 4. Mual
  5. P4yud4ra terasa sakit
  6. Perubahan mood dan depresi
  7. Kehilangan ga1rah melakukan hu*bungan s3k5u4l
  8. Berat badan naik, namun jarang terjadi
  9. Pada beberapa kasus yang sangat jarang terjadi, area kulit dimana alat ini ditanam bisa terjadi infeksi. Infeksi bisa dirawat dengan antibiotik

Nah sebelum memutuskan untuk menggunakan alat kontrasepsi jenis implan, berkonsultasilah dengan dokter. Pertimbangkan matang-matang kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat.