“Menepuk-Nepuk Punggung Orang yang Tersedak Malah Bisa Berakibat Fatal”! Ternyata “Cara Pertolongan Pertama yang Tepat Itu Begini”!

Profesor Heimlich adalah seorang dokter bedah berpengalaman di Amerika Serikat. Selama menjadi dokter, dia menangani banyak kasus sesak napas maupun penyumbatan saluran pernafasan yang disebabkan karena tersedak. Saat melakukan pertolongan pertama, banyak  dokter yang menepuk bagian punggung ataupun menggunakan jari untuk mengambil benda yang menyumbat. Cara ini sebenarnya tidak  dianjurkan, karena benda yang menyumbat tersebut malah bisa masuk ke dalam saluran pernafasan.

“Menepuk-Nepuk Punggung Orang yang Tersedak Malah Bisa Berakibat Fatal”! Ternyata “Cara Pertolongan Pertama yang Tepat Itu Begini”!


Setelah melakukan penelitian berulang kali, akhirnya Profesor Heimlich menemukan cara pertolongan pertama yang tepat untuk kasus tersedak. Pada tahun 1974, ia membuat laporan pertamanya terkait penelitian yang ia lakukan.

Metode Pertolongan Pertama Heimlich

Jika anak berusia di bawah 3 tahun

Gendong anak menggunakan satu tangan dalam posisi tengkurap dan pastikan telapak tangan menyangga bagian dada dan lehernya. Lalu, pegang kedua tulang pipinya menggunakan jari tangan. Selanjutanya, baringkan anak di atas lutut dan berikan tepukan sebanyak 1­5 kali di punggungnya. Amati apakah benda yang menyumbat tersebut berhasil keluar.
Jika tidak berhasil, balikkan anak tersebut dan baringkan di atas lantai atau tempat tidur. Pemberi pertolongan bisa mengambil posisi berlutut, berdiri, atau bahkan duduk, lalu baringkan anak tersebut ke atas paha dengan posisi anak menghadap ke atas. Gunakan kedua jari tengah atau telunjuk dan gosok dengan cepat namun lembut dari bagian tengah di antara dada dan perut. Ulangi hingga benda yang menyumbat keluar.

Pertolongan pertama untuk orang dewasa

Pemberi pertolongan berdiri di belakang orang yang tersedak dan lingkarkan kedua tangan di pinggang orang yang tersedak. Buat kepalan dengan menggunakan salah satu tangan dan letakkan di atas pusar orang yang tersedak. Pegang kepalan tersebut dengan menggunakan tangan yang lain lalu tekan keras perut dengan dorongan yang cepat arah atas seakan­akan ingin mengangkat orang yang tersedak tersebut.

Lakukan 5 kali berturut­turut dan pastikan benda yang menyumbat berhasil keluar.
Pertolongan pertama untuk diri sendiri Cara pertama, buat kepalan dengan menggunakan salah satu tangan dan letakkan di atas pusar. Pegang kepalan tersebut dengan menggunakan tangan yang lain lalu tekan keras perut dengan dorongan yang cepat arah atas. Lakukan 5 kali berturut­turut dan pastikan benda yang menyumbat berhasil keluar.

Cara kedua, membungkuklah ke depan dengan bertumpu pada meja, kursi, atau objek horizontal lain. Tekan perut bagian atas dengan sudut objek tersebut dan pijat ke arah atas. Ulangi hingga benda yang menyumbat berhasil keluar

Prinsip Metode Pertolongan Pertama Heimlich

Prinsip pertolongan pertama Heimlich adalah tekanan pada jaringan lunak di bawah diafragma secara mendadak bisa memberikan tekanan ke atas dan mengakibatkan paru­paru membentuk aliran udara sehingga mendorong benda yang menyumbat untuk keluar.

Untuk menghindari resiko tersedak, bagi orang lanjut usia dan anak­anak harap berhati­hati saat memakan jeli, permen, cumi, selai kacang, kacang­kacangan, buah kecil (misalnya lengkeng, anggur, ceri), sayuran tinggi serat, potongan daging besar, mie, dan ikan dengan banyak duri.

Sumber: How/Cerpen.co.id