loading...

Untuk Penderita Gangguan Ginjal, Ternyata Bisa Di Obati Dengan Konsumsi Bayam Merah !! Berikut Penjelasannya dan Khasiat Lainnya ..

Siapa sih yang tidak tahu bayam ? Hampir semua orang mengetahui sayuran jenis bayam ini. Bayam adalah sayuran yang bisa dikatakan favorit bagi sebagian besar orang Indonesia. Bayam itu ada 2 macam, bayam cabut atau bayam petik. Ternyata selain bayam hijau, ada juga bayam merah, atau mungkin bayam warna lainnya.

Untuk Penderita Gangguan Ginjal, Ternyata Bisa Di Obati Dengan Konsumsi Bayam Merah !! Berikut Penjelasannya dan Khasiat Lainnya ..


Kalau bayam merah, mungkin belum banyak yang tahu. Tetapi ternyata bayam merah yang biasa dibuat sayur bening ini  memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Daun bayam ini selain bisa dibuat sayur, kalau yang ukuran daunnya besar ternyata enak juga apabila dibuat gorengan atau rempeyek bayam. Rasanya gurih dan renyah dan yang pasti bergizi baik.

Nah tenyata, bayam merah juga ternyata mempunyai kandungan nutrisi baik seperti bayam hijau. Bahkan, sebagian orang percaya kalau bayam merah bermanfaat bagi kesehatan jika kita mengkonsumsinya.

Cara penyajian bayam merah sangat mudah dan simpel. Bayam merah bisa digunakan dikonsumsi sebagai salad, atau dimasak menjadi sayur bening atau dengan  bumbu lain.

Bayam merah dapat tumbuh hampir di seluruh di Indonesia yang beriklim tropis. Meskipun demikian, untuk tumbuh dengan baik,  bayam merah memerlukan sinar matahari sepanjang tahun.

Rasa bayam merah agak sedikit rasa manis. Secara umum, rasa bayam merah tidak jauh berbeda dengan rasa bayam hijau.

Menurut berbagai referensi, Bayam Merah yang masih segar mengandung vitamin C dan vitamin A yang sangat tinggi. Selain itu juga banyak mengandung mineral lain yang bermanfaat bagi tubuh.

Dengan kandungan mineral, vitamin dan sebagainya tentunya bayam merah memiliki banyak khasiat. Agar pembaca dapat mengetahui manfaat bayam merah untuk kesehatan, berikut ini adalah khasiat bayam merah untuk kesehatan seperti dikutip dari berbagai sumber.

Bayam merah baik untuk diet

Bayam merah banyak mengandung serat tetapi rendah lemak jenuh atau lemak trans. Selain itu juga rendah kadar karbohidrat. Sehingga dengan mengkonsumsi bayam merah dapat menurunkan berat badan.

Bayam merah sebagai sumber antioksidan

Karena bayam merah memenuhi kebutuhan vitamin A apabila dikonsumsi sehari-hari. Dengan tingginya kadar vitamin A, membuat bayam merah merupakan antioksidan yang terbaik dibandingkan dengan sayuran apapun.

Antioksidan ini sangat berguna untuk menangkal radikal bebas, sehingga dapat mencegah kanker.
Bayam merah dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Tingginya kadar vitamin A pada bayam merah juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imunitas tubuh.
Bayam merah membantu memperbaiki kesehatan mata
Kadar Vitamin A yang tinggi selain dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, juga dapat membantu menjaga kesehatan mata (memperbaiki penglihatan).

Bayam merah dapat melancarkan pencernaan

Bayam merah menjadi salah satu sayuran yang sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan karena banyak mengandung serat. Tingginya kandungan serat di dalam bayam merah dapat membantu mengatur kerja usus.

Bayam merah dapat membantu mengobati anemia

Penyebab anemia adalah kurangnya kandungan zat besi di dalam darah. Kandungan zat besi yang tinggi di dalam bayam merah dapat membantu mengatasi kurang darah atau anemia.

Cara menyiapkan bayam merah sebagai obat anemia adalah dengan cara dibuat jus bayam merah. Atau dapat juga dihaluskan menjadi pasta untuk campuran makanan lainnya.

Agar lebih nikmat rasanya, dapat dicampurkan dengan bahan-bahan makanan lain yang alami seperti : madu, air perasan lemon, atau telur pada pasta atau jus bayam merah.

Bayam merah dapat menyembuhkan gangguan ginjal

Nutrisi yang terkandung di dalam bayam merah ternyata bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan atau masalah pada ginjal. Bayam merah sudah terbukti dapat membersihkan ginjal dan mengembalikan fungsi ginjal seperti sedia kala.

Bayam merah dapat membantu membersihkan sistem reproduksi wanita

Bayam merah dapat juga dijadikan makanan detoksifikasi setelah melahirkan. Dengan meminum jus bayam merah secara teratur, kandungan di dalam bayam akan membantuk mendetoksifikasi kotoran yang ada di dalam organ reproduksi setelah melahirkan.

Bayam merah dapat mengobati disentri

Batang bayam merah dapat digunakan untuk mengobati disentri. Gunakan sepuluh batang bayam merah, cuci batang batang bayam merah tersebut kemudian haluskan menjadi pasta. Selanjutnya beri sedikit garam untuk perasa, peras dan ambil airnya. Minum air perasan bayam tersebut dan disentri pun dapat segera sembuh

Bayam merah dapat menyuburkan rambut

Air perasaan bayam merah yang sudah dicampur dengan garam dapat membuat rambut menjadi lebih indah dan jauh lebih sehat. Jus perasan bayam bisa dengan cara langsung diminum atau dengan menjadikannya sebagai masker untuk rambut anda. kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi, membuat bayam sangat bermanfaat untuk menyehatkan rambut dan menguatkan akar rambut.

Pengobatan menyuburkan rambut ini dapat dilakukan cukup 2 kali seminggu.