Type something and hit enter

By On
Kanker serviks atau kanker mulut rahim merupakan penyakit yang hanya menyerang kaum wanita dan sangat berbahaya. Jenis kanker ini menjadi penyebab kematian wanita tingkat teratas dibandingkan dengan jenis kanker lainnya. Kanker serviks menyerang bagian leher rahim organ reproduksi bagian bawah.

WASPADA !! Kebanyakan Wanita Mengabaikan 3 Tanda-tanda Awal Kanker Serviks ! Bantu Sebarkan ke Seluruh Teman Wanitamu ...


Ciri-ciri kanker serviks yang timbul seringkali diabaikan dan baru menjalani pengobatan setelah penyakit kanker menjadi parah. Ciri penyakit kanker serviks pada gejala yang masih awal sering diabaikan.

Apa penyebab kanker serviks?

Kanker serviks berkaitan dengan infeksi human papilloma virus (HPV). Infeksi HPV dapat menyebabkan perubahan struktur gen yang menyebabkan pertumbuhan abnormal dari jaringan serviks. Sayangnya, jaringan yang tumbuh adalah jaringan abnormal yang rapuh. Jaringan rapuh ini mudah berdarah dan menyebabkan perdarahan dari v4gin4.

Infeksi HPV umumnya ditularkan melalui jalur seksual. MWalaupun infeksi HPV dapat ditularkan melalui rute non-seksual, sebagian besar transmisi HPV terjadi melalui kontak seksual. Terdapat banyak jenis tipe HPV, namun yang paling erat dihubungkan dengan kanker serviks adalah HPV tipe 16 dan 18.

Umumya gejala kanker serviks tidaklah spesifik. Namun terdapat beberapa gejala dialami oleh penderita kanker serviks. Tanda awal yang dapat dialami penderita kanker serviks kadang sering diabaikan karena dianggap sebagai keluhan yang normal. Tanda klasik dari kanker serviks adalah perdarahan pasca berhubungan. Selain itu, terdapat beberapa gejala lain dari kanker serviks, seperti:
  • Keputihan yang lama.
  • Gangguan buang air kecil seperti nyeri buang air kecil, buang air kecil berdarah jika kanker sudah menyebar ke saluran kencing
  • Gangguan buang air besar, jika kanker sudah menyebar ke saluran pencernaan.

Pencegahan Kanker Serviks

Untuk mencegah agar tidak menderita kanker serviks maka sebaiknya seorang wanita memperhatikan penyebab dan ciri-ciri kanker serviks sehingga tidak dapat cepat dilakukan pengobatan sejak dini. Pengobatan yang dijalankan sejak gejala awal kanker serviks diketahui dapat memperbesar kemungkinan penyembuhan.

Menjalani pola hidup sehat dan pola makan yang sehat dapat mencegah kanker serviks. Menjaga kesehatan dan tidak membersihkan organ intim dengan air yang kotor akan mencegah penularan virus penyebab kanker serviks. Setia terhadap pasangan, tidak berganti-ganti pasangan dan tidak melakukan hubungan intim di usia terlalu dini juga merupakan pencegahan kanker serviks.

Baca juga: