Harus Tau !! Inilah 5 Gejala Awal Dari Kanker Tulang Yang Wajib Anda Ketahui!

Sampai saat ini, penyebab kanker tulang belum diketahui secara pasti. Dokter mengatakan, penyebab penyakit ini adalah adanya kesalahan dalam sel DNA. Sel dalam DNA tumbuh dan membelah dengan cara yang tidak terkendali.

Harus Tau !! Inilah 5 Gejala Awal Dari Kanker Tulang Yang Wajib Anda Ketahui!


Sel-sel ini terus hidup, tidak mati pada waktu yang ditetapkan. Kemudian, sel-sel bermutasi, berkumpul dan membentuk suatu massa (tumor) yang dapat menyerang struktur terdekat atau menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Orang dewasa sering menyalahartikan gejalanya sebagai nyeri sendi. Untuk itu, agar Anda tak keliru, berikut kami sajikan beberapa gejala awal dari penyakit ini.

1. Nyeri
Seseorang yang menderita nyeri tulang, akan merasakan nyeri di daerah tulang. Kondisi ini akan semakin parah jika Anda melakukan olahraga atau saat malam hari. Sedangkan pada anak-anak, gejalanya diindikasikan seperti keseleo yang sangat parah. Jika anak Anda mengalami nyeri di tulang dan tidak kunjung hilang hingga tengah malam, cara terbaik adalah segerika memeriksakannya ke dokter.

 2. Pembengkakan.

Pembengkakan mungkin belum muncul hingga tumor sepenuhnya menyebar. Biasanya, pembengkakan terjadi di daerah sekitar tulang yang terkena kanker dan berwarna kemerahan. Jika penyakit ini menyerang sendi, maka sendi Anda akan sulit untuk digerakkan.

3. Sulit bergerak.

Penderita kanker tulang akan sulit untuk bergerak. Hal ini dapat mempengaruhi pergerakan seluruh anggota badan. Bagian tulang yang banyak terkena dampaknya adalah di kaki, mungkin Anda akan pincang jika berjalan. Jika kanker ini menyerang tulang belakang, saat Anda menekan saraf, Anda akan mati rasa dan merasakan menggigil di bagian tungkai.

4. Patah tulang.

Kanker tulang menyebabkan tulang menjadi lemah atau rapuh. Bahkan jika sudah parah, jatuh biasa atau cedera kecil saja bisa membuat tulang Anda patah. Kondisi ini dikenal juga sebagai fraktur patologis.

5. Gejala umum.

Biasanya Anda akan mengalami kelelahan, demam, berkeringat dan penurunan berat badan. 

Jika Anda mengalami nyeri tulang yang tak kunjung sembuh dalam beberapa minggu tanpa alasan, Anda harus segera memeriksakannya ke ahli tulang (spesialis ortopedi).