loading...

Cara Ampuh Untuk Membersihkan Panci Gosong Jadi Mengkilap Lagi

Tunggu! Jangan buru-buru mengubur panci Anda. Cari tahu dan gunakan kiat untuk membersihkannya, bahkan untuk noda terhitam sekalipun. Anda memang tetap harus menggosok, namun sebagian besar panci masih dapat digunakan selama lapisan antilengketnya tidak rusak.

Cara Ampuh Untuk Membersihkan Panci Gosong Jadi Mengkilap Lagi


Hal yang Anda Butuhkan
  • Sabun pencuci piring atau detergen mesin pencuci piring
  • Spons, sikat nilon, atau alas Dobie
  • Alas penggosok atau wol tembaga
  • Soda kue
  • Cuka putih
  • Krim tartar

Membersihkan dengan Peralatan Rumah Tangga

1. Rebus air sabun, kemudian biarkan dingin. Isi panci hingga setengah penuh dengan air, atau lebih jika diperlukan untuk menutupi area yang gosong. Tambahkan beberapa tetes sabun pencuci piring. Nyalakan api hingga air mendidih. Matikan api dan biarkan cukup dingin sehingga Anda dapat dengan aman menyentuh panci dan air.
  • Anda dapat mengganti sabun pencuci piring dengan satu sendok kecil penuh detergen mesin pencuci piring. Metode ini mungkin dapat menghitamkan aluminium.
  • Cobalah metode berbeda terlebih dahulu ketika membersihkan panci besi tuang, karena sabun dapat menghilangkan sebagian besar noda yang menempel.

2. Gosok panci. Jika diperlukan, tambahkan lebih banyak air sabun panas kapan pun suhu air sebelumnya menurun. Gosok dengan peralatan yang tidak akan merusak material panci Anda:
Panci porselen, aluminium dengan lapisan pelindung, atau Teflon: Gunakan spons, sikat nilon, atau alas Dobie (spons dengan jaring pelindung plastik).
Panci stainless steel, tembaga, atau aluminium tanpa lapisan pelindung: Mulailah dengan pilihan peralatan halus di atas, kemudian lanjutkan dengan alas penggosok atau wol tembaga. Gunakan sentuhan lembut dan gosok di bawah air untuk mengurangi goresan.

3. Ulangi dengan soda kue. Jika masih terdapat sisa gosong pada panci, tutupi panci dengan lapisan soda kue. Tambahkan cukup air untuk menutupinya dan rebus selama 15-30 menit.[5] Biarkan dingin dan gosokkan noda.
Soda kue akan bereaksi dan merusak aluminium.[6] Karena mengandung bahan yang bersifat abrasi, penggunaan soda kue tidak direkomendasikan untuk Teflon atau panci dengan lapisan antilengket lainnya.

4. Cobalah menggunakan cuka. Rebus cuka putih yang telah disuling di dalam panci. Biarkan dingin dan gosokkan noda. Cuka tidak akan melarutkan minyak seperti sabun, namun kandungan asam yang dimilikinya dapat menghilangkan noda yang tidak dapat dihilangkan metode lainnya.

5. Buatlah pasta dari krim tartar dan cuka. Metode ini mungkin dapat menggores panci Anda, namun Anda semakin kekurangan pilihan. Belilah krim tartar dari toko bahan makanan di lorong bahan pembuat kue. Taburi di atas panci dan aduk dengan beberapa tetes cuka hingga membentuk pasta kental. Diamkan selama sepuluh menit. Gosok dengan kuat untuk menyingkirkan noda, atau tambahkan lebih banyak cuka dan rebus kembali.
  • Banyak orang menggunakan soda kue dan cuka untuk membersihkan, namun meskipun bahan-bahan tersebut mengeluarkan desisan, campuran ini dapat dengan cepat berubah menjadi air netral. Krim tartar memiliki kandungan bersifat abrasi yang sama dengan soda kue, namun dapat tetap stabil di dalam cuka, sehingga metode ini juga memberikan Anda keuntungan.

6. Gosokkan dengan hidrogen peroksida dan soda kue. Buatlah pasta kental seperti sebelumnya, gosokkan dengan lap atau spons, dan diamkan selama paling tidak sepuluh menit. Cara ini telah beredar di internet untuk waktu yang cukup lama, namun hasil sebenarnya tidak selalu menjanjikan. Cara ini berfungsi secara maksimal untuk menghilangkan gula yang gosong, namun hal ini hanya berdasarkan beberapa anekdot.

Membersihkan dengan Produk Komersial

1. Gosokkan dengan pembersih dapur. Sebagian besar dari pembersih dapur ini dapat diaplikasikan secara langsung, diamkan selama beberapa menit, kemudian gosokkan. Untuk berjaga-jaga, periksalah instruksi pada produk sebelum Anda menggunakannya. Berikut ini merupakan dua pilihan yang paling populer:
  • Barkeeper's Friend dapat digunakan pada panci berbahan stainless steel, aluminium yang memiliki lapisan pelindung, tembaga, keramik, and kaca.
  • Pembersih bubuk Bon Ami dapat diaplikasikan pada sebagian besar panci, termasuk porselen. Karena bersifat sedikit abrasi, produk ini dapat merusak permukaan antilengket.

2. Cobalah menggunakan pengilap logam. Beberapa profesional industri makanan menggunakan ini untuk menyingkirkan noda makanan. Pastikan untuk memilih pengilap logam yang sesuai dengan jenis logam yang Anda gunakan. Periksa label sebelum membeli untuk memastikan produk ini aman untuk digunakan pada permukaan yang melakukan kontak dengan makanan.
Setelah noda tersingkirkan, cuci panci dengan air sabun panas.

3. Bersihkan panci stainless steel atau tembaga dengan amonia rumah tangga. Gunakan sarung tangan karet dan bekerjalah di luar ruangan atau dalam ruangan yang memiliki ventilasi yang baik, untuk menghindari efek yang berlebihan dari uap amonia. Tambahkan sedikit amonia dan cobalah menggosokkan noda. Jika hal ini tidak berhasil, cobalah diamkan panci di dalam kantong sampah selama 24 jam untuk memberikan waktu agar noda dapat hancur.
Amonia akan merusak panci aluminium.

Tips
  • Jika tidak ada yang berhasil, cobalah mengulangi metode mana pun yang menghasilkan efek, namun diamkan terendam semalaman sebelum Anda menggosoknya.

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x