loading...

Jangan Remehkan Hal Kecil, Kepakan Sayap KUPU-KUPU dapat Menjadi Penyebah Angin Tornado di Texas

The Butterfly effect, Sebuah Teori yang menyatakan kepakan sayap kupu-kupu di hutan amazon Brazil bisa menjadi penyebab angin tornado di Texas.

Jangan Remehkan Hal Kecil, Kepakan Sayap KUPU-KUPU dapat Menjadi Penyebah Angin Tornado di Texas

Sebuah gerakan kecil , atau kesalahan kecil pada suatu sistem , dapat mengakibatkan perbedaan besar diwaktu yang akan datang. Itu karena alam ini pada dasarnya adalah tumpukan sistem sederhana yang kemudian menjadi sistem yang rumit dan saling terkait.

Kiranya, manusia dan jalan hidupya pun demikian.Adakalanya hal-hal sederhana yang dilakukan hari ini, saat ini, atau diwaktu lampau akan memberikan suatu dampak yang besar dimasa depan. Kebaikan kecil di masa ini akan membuahkan panen besar di masa mendatang. Sebaliknya, kesalahan atau kejahatan kecil di hari ini, dapat pula mendatangkan musibah besar di masa depan. Masa lalu adalah fondasi masa depan. Apa yang kita lakukan hari ini akan mengeras menjadi masa lalu,kemudian akan menjadi landasan masa kini dan masa depan.

Oleh karena itu, Rosululloh SAW mengingatkan agar kita tidak boleh meremehkan kebaikan sekecil apapun. Kita tak pernah tahu, boleh jadi biji kebaikan yang kecil itu menjadi pohon kebaikan besar dikemudian hari. Berawal dari senyum, terajutlah persahabatan. Persahabatan tumbuh, terjadilah persaudaraan.

Demikian halnya dengan keburukan. Keburukan kecil,ibaratnya duri beracun. Kita tidak akan tahu, akan jadi separah apa luka yang diderita sebagai akibatnya. Karenanya, Rosululloh SAW mengingatkan pula agar jangan meremehkan perbuatan buruk sekecil apapun. Tentu kita tidak lupa dengan kisah seorang wanita yang memenjarakan kucingnya, dan akhirnya harus menderita di neraka. Atau si lelaki yang merampas seekor ikan, tetapi tertusuk duri dan akhirnya tangannya membusuk dan harus di amputasi.

Jadi, ada banyak hal-hal besar yang bermula dari yang sederhana , jangan remehkan usaha ataupun amalan sederhana, karena di masa depan, ia bisa membuahkan hasil yang luar biasa!

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x